Seputar TeknoTips & Trik

7 Situs Sms Gratis via Internet Terbaik

Seperti yang sudah diketahui, peranan internet memang sangat penting di zaman yang serba canggih ini. Dengan adanya internet, kita bisa melakukan apapun termasuk mendapatkan informasi, melihat sosial media, ataupun mengirim pesan instan melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, BBM, Line, dan sebagainya. Namun, masih banyak juga orang yang mengandalkan SMS biasa, yang berarti pesan tradisional antar nomor operator. Tapi bagaimana jika Sobat Gaptex tidak memiliki pulsa untuk mengirimkan pulsa tersebut? Oleh karena itu, mari simak 7 situs SMS gratis via internet terbaik yang berhasil kami rangkum di artikel ini.

Sms Gratis via Internet

Layanan Pesan Singkat
Layanan pesan singkat atau dalam bahasa inggrisnya SMS (Short Message Service) ialah sebuah komponen layanan pesan teks dari sebagian besar telepon, sistem World Wide Web, dan mobile telepon. SMS menggunakan protokol komunikasi standar untuk memungkinkan perangkat telepon seluler saling menukar pesan teks singkat.

Layanan perantara dapat memfasilitasi konversi teks ke suara untuk dikirim ke sambungan telepon rumah. SMS adalah aplikasi data yang paling banyak digunakan, dengan perkiraan sekitar 3,5 miliar pengguna aktif, atau sekitar 80% dari seluruh pelanggan ponsel, pada akhir tahun 2010 lalu dan semakin bertambah di setiap tahunnya. (Baca juga: Tips Block SMS Iklan dari XL)

SMS, seperti yang digunakan pada handset modern, berasal dari radio telegraf di pager memo radio yang menggunakan protokol telepon standar. Istilah ini didefinisikan pada tahun 1985 sebagai bagian dari rangkaian standar Sistem Global untuk Komunikasi Bergerak (GSM).

Protokol ini memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan hingga 160 karakter alfa-numerik ke dan dari GSM handset mobile. Meskipun sebagian besar pesan SMS adalah pesan teks mobile-to-mobile, dukungan untuk layanan ini telah diperluas untuk mencakup teknologi mobile lainnya, seperti jaringan ANSI CDMA dan Digital AMPS.

SMS juga digunakan dalam pemasaran mobile, sejenis pemasaran langsung. Menurut sebuah laporan riset pasar, pada tahun 2014, bisnis pesan SMS global diperkirakan bernilai lebih dari $ 100 miliar, terhitung hampir 50 persen dari semua pendapatan yang dihasilkan oleh perpesanan mobile.

Awal Perkembangan SMS
Di tahun 1980-an silam, gagasan untuk menambahkan layanan pertukaran pesan teks untuk telepon seluler awalnya diusul oleh komunitas layanan ponsel. Pada bulan Desember 1982 lalu, ide pesan singkat untuk telepon seluler itu pun berhasil disetujui dan dikembangkan oleh CEPT Group GSM.

Usulan pesan singkat tersebut akan menambahkan fasilitas dan layanan pesan teks ke dalam telepon seluler seperti fungsi fax supaya pengguna ponsel bisa berkomunikasi secara tulisan dengan layanan baru itu. Di tahun-tahun ini jugalah, konsep pesan singkat direncanakan bisa melakukan pertukaran pesan secara langsung, serta dalam cakupan yang luas seperti layanan panggilan ke operator yang berbeda.

Pada tahun 1984, konsep tersebut dikembangkan lagi oleh perusahaan GSM asal Prancis yang bekerja sama dengan perusahaan GSM dari Jerman. Perkembangan yang diusulkan ialah layanan pesan singkat, karena di waktu itu, fungsi utama GSM hanyalah membuat dan menerima panggilan suara.

Untuk memaksimalkan fungsi layanan pesan singkat SMS tersebut, traffic atau arus komunikasi hanya mengandalkan sedikit jalur sinyal, sebab untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan telepon, GSM harus memakai sinyal yang kuat. Dengan demikian, SMS terbatas dalam penggunaan sinyal sehingga hanya terbatas untuk 160 karakter yang mengharuskan pengguna telpon seluler untuk lebih mempersingkat kata yang digunakan.

Implementasi Awal
Pesan SMS pertama dikirim melalui jaringan GSM Vodafone di Inggris pada tanggal 3 Desember 1992, dari Neil Papworth dari Grup Sema (sekarang Mavenir Systems) menggunakan komputer pribadi untuk Richard Jarvis dari Vodafone menggunakan handset Orbitel 901. Teks pesannya adalah “Selamat Natal.”

Penyebaran komersial pertama dari pusat layanan pesan singkat (SMSC) dilakukan oleh Aldiscon bagian dari Logica (sekarang bagian dari Acision) dengan Telia (sekarang TeliaSonera) di Swedia pada tahun 1993, diikuti oleh Fleet Call (now Nextel) di AS, Telenor di Norwegia dan BT Cellnet (sekarang O2 UK) pada tahun 1993. Semua instalasi pertama dari SMS gateway adalah untuk pemberitahuan jaringan yang dikirim ke telepon genggam, biasanya untuk menginformasikan pesan suara.

Layanan SMS pertama yang dijual secara komersial ditawarkan kepada konsumen, sebagai layanan pesan teks person-to-person oleh Radiolinja (sekarang bagian dari Elisa) di Finlandia pada tahun 1993. Sebagian besar handset GSM awal tidak mendukung kemampuan mengirim pesan teks SMS. Namun, Nokia adalah satu-satunya produsen handset saluran telepon GSM pada tahun 1993 yang mendukung pengiriman SMS pesan teks pengguna. Menurut Matti Makkonen, penemu pesan teks SMS, Nokia 2010, yang dirilis pada Januari 1994, merupakan ponsel pertama yang mendukung penulisan SMS dengan mudah.

Artikel menarik:  Kenali OS OpenBSD

7 Situs Sms Gratis via Internet Terbaik
Sampai saat ini, SMS masih mempunyai peran yang sangat penting, meskipun sudah banyak aplikasi chat berbasis internet pada smartphone. SMS tetap setia digunakan karena ada beberapa keunggulan utama dibandingkan aplikasi internet. Misalnya, tidak semua orang memakai ponsel yang support internet, ataupun seringnya terjadinya gangguan sinyal internet. Oleh karena itulah SMS masih bisa digunakan meski sedang minim sinyal.

Walaupun tarif kirim sms lumayan murah, masih ada banyak sekali orang yang membutuhkan layanan kirim sms gratis via internet. Entah hanya untuk senang-senang, kepepet atau memang sedang butuh. Nah, daripada sibuk membahas latar belakang pencarian layanan sms gratis itu, langsung saja kami sajikan 7 situs penyedia layanan sms gratis ke semua operator luar dan dalam negeri. Tentu saja yang terbaik!

Berikut daftarnya:

1. sms-online.web.id
Situs ini merupakan penyedia layanan free sms lokal. Anda bisa mengirim sms ke seluruh operator GSM dan CDMA dalam negeri. Namun harap perhatikan bahwa pengiriman sms yang berisi kode tidak dapat diproses layanan ini.

Sms Gratis via Internet 1

2. afreesms.com
Layanan sms gratis ini berada di daftar teratas pencarian Google. Jadi, kredibilitas dan kemampuannya tidak lagi diragukan. Situs afreesms memungkinkan Anda untuk mengirimkan SMS gratis dari PC ataupun laptop ke setiap ponsel tanpa perlu registrasi ulang. Bahkan, situs ini mampu menyediakan layanan cakupan SMS global yang gratis dengan 640 lebih operator jaringan mobile di selurh dunia.

Sms Gratis via Internet 2

3. FreeSMS.net
Meski gratis, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan layanan gratis ini. FreeSMS.net memungkinkan Anda dalam mengirimkan pesan teks gratis ke telepon seluler dari pelosok dunia. Jadi, Anda bisa mengirim SMS hanya dari komputer dan tetap berhubungan bersama kerabat dekat, dengan mudah dan cepat menggunakan layanan ini.

Sms Gratis via Internet 3

4. Freesms4us.com
Namanya yang kebarat-baratan ternyata tak seperti isinya. Layanan sms gratis satu ini merupakan asli milik orang Indonesia. Namun, Anda harus melakukan registrasi sebelum bisa menggunakan layanannya secara penuh. Registrasi pun juga gratis. Bukan hanya bisa berkirim sms gratis saja, layanan ini juga sangat banyak layaknya sebuah ponsel. Anda akan menemukan aplikasi-aplikasi lain, misalnya buku telepon, folder pesan masuk, dan keluar, serta panduan penggunanya. Di sini, Anda dapat mengirim dan menerima pesan ke semua jenis provider, baik GSM atau CDMA yang ada di Indonesia.

Sms Gratis via Internet 4

5. cbfsms.com
Layanan satu ini bebas registrasi. Anda bisa langsung mengirim sms. Tersedia pula keanggotaan VIP dimana Anda bisa mengirimkan sms masal secara cepat dan murah. Selain itu, situs penyedia layanan ini sangat mudah digunakan sehingga Anda bisa mengirim SMS ke banyak nomor sekaligus dengan biaya yang terjangkau.

Sms Gratis via Internet 6

6. txtDrop 
Situs ini memungkinkan Anda untuk bisa mengirim SMS gratis tanpa batas ke nomor ponsel manapun di seluruh dunia. Namun, hanya ada sedikit kekurangan pada situs ini ialah waktu yang dicapai bisa berbeda saat Anda mulai mengirim SMS ke negara lainnya.

Tapi kekurangan itu di tutupi dengan user interface yang simpel, membuatnya cukup populer dan mudah untuk dilakukan. Jika Anda ingin menggunakan situs ini, maka Anda tidak akan memerlukan akun apapun. Anda cukup mengunjungi situs resminya, lalu masukkan ID email Anda, nomor ponsel penerima dan pesan yang akan Anda inginkan.

7. Way2SMS

Way2SMS adalah layanan pengiriman SMS online yang sudah hadir cukup lama dan sangat bisa diandalkan. Anda bisa menuliskan pesan hingga 140 kata dalam satu pesan. Setelah itu, Anda hanya tinggal menyelesaikan proses sign up, lalu masukkan nomor ponsel serta pesan yang akan dikirim. Bagian yang terbaik yaitu Anda bisa menyimpan semua nomor dalam daftar kontak.

Keunggulan lainnya yang berguna pada Way2SMS ialah Group SMS, dan melakukan proses SMS ke nomor sekaligus banyak dalam satu pesan saja. Namun sayangnya,  meski situs ini mengklaim bahwa pesan Anda bisa terkirim dalam waktu 10 detik saja, nyatanya proses ini akan membutuhkan sekitar 2 menit untuk mendapatkan pesan ketika melakukan pengujian.

Semoga bermanfaat!