7 Peralatan Yang Memudahkan Untuk Menjadi Youtubers

Selama ini mungkin Sobat Gaptex senang menonton video Youtube yang berisi konten beragam. Baik itu tutorial atau review game, cerita keseharian sang pengguna, tutorial make up, kisah traveling, hingga cover dance atau lagu. Semakin banyak video yang Anda tonton, pasti Anda sudah khatam memilih video mana yang menarik untuk ditonton atau video mana yang membosankan.

7 Peralatan Yang Memudahkan Untuk Menjadi Youtubers

Bukan hanya itu, semakin lama Anda menonton video atau vlog seseorang di Youtube, maka Anda akan sering menganalisis suatu video tersebut sehingga mulai muncul keinginan untuk membuat video Anda sendiri. Jika orang lain bisa, kita pun juga pasti bisa. Namun, perlu diketahui jika Anda ingin membuat sebuah video Youtube, maka ada hal yang harus dipersiapkan. Contohnya alat-alat perlengkapan yang menunjang proses pembuatan video tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Download Video Youtube di Android

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan peralatan apa saja yang memudahkan Anda untuk menjadi seorang Youtubers. Berikut ini 7 peralatan wajib yang harus ada untuk menjadi Youtubers:

Kamera Mirrorless

1. Kamera Mirrorless
Saat ini telah tersedia jenis kamera yang banyak macamnya. Namun, di antara puluhan macam kamera, kebanyakan Youtubers pasti memiliki kamera mirrorless. Jenis kamera ini hampir sama fungsinya dengan DSLR, tetapi bobotnya lebih ringan dan mungil. Keuntungan inilah yang membuat Youtubers memilih kamera mirrorless. Beberapa contoh kamera yang biasa dipakai oleh Youtubers Indonesia adalah Fujifilm X-A2, NX Mini, Canon G7X Mark II, atau Sony A5000.

Gorillapod

2. Gorillapod
Untuk menjaga kestabilan kamera ketika mengambil video, Anda pasti butuh alat khusus contohnya Tripod atau monopod. Namun, di antara kedua barang ini, ada barang yang lebih serbaguna yakni Gorillapod. Perangkat ini sama dengan tripod yaitu sama-sama punya 3 kaki. tapi, kaki gorillapod ini dapat dilipat sesuka hati untuk disematkan di pohon, pagar, atau dashboard mobil.

Microphone Eksternal

3. Microphone Eksternal
Walaupun kamera telah dilengkapi dengan mic internal, beberapa Youtubers masih menambah mic eksternal demi kualitas audio lebih bagus. Berkat menggunakan mic eksternal, noise seperti orang-orang berbicara di sekitaran atau suara angin, tidak bisa terdengar dengan jelas dan suara Anda-lah yang paling jelas di dengar.

Artikel berhubungan:  Tips Jitu Mendapatkan Uang Dari Youtube Untuk Pemula

Lighting

4. Lighting
Pencahayaan merupakan hal penting dalam karya visual. Seringkali cahaya matahari tidak cukup untuk menerangi objek video sehingga para Youtubers membeli alat tambahan untuk menerangi objek. Contohnya peralatan lighting yang wajib dimiliki ialah lampu LED yang dapat menjadi cahaya tambahan kalau Anda shooting di malam hari.

Laptop atau Komputer

5. Laptop atau Komputer
Laptop atau komputer memiliki peran yang paling penting dan harus Anda miliki. Laptop digunakan untuk merekam video atau menyalin video dari memory card kamera. Anda dapat menggunakan laptop atau komputer yang mempunyai spesifikasi tinggi. Spesifikasi minimal yang mesti ada dalam laptop adalah RAM 4 GB dan processor quad core.

Software untuk Editing Video

6. Software untuk Editing Video
Sebenarnya untuk membuat video dengan hasil editing yang baik, Anda tidak harus menggunakan software yang berbayar. Hal yang paling penting adalah kemampuan Anda dalam mengedit video tersebut. Apalagi kalau Anda masih pemula, cobalah Corel Video Studio Pro X8. Software ini diklaim menjadi software yang mudah untuk digunakan untuk pemula.

Tetapi jika Anda sudah ahli, gunakanlah software Sony Vegas Pro atau software lain yang lebih mumpuni. Selain edit video, gambar yang akan ditambahkan di dalam video tersebut juga memerlukan software editing. Anda dapat membuat karakter yang unik, kolom komentar, membuat icon, template, thumbnail, dan gambar lainnya agar video Anda terlihat lebih menarik. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan Corel Draw atau Adobe Photoshop untuk mengedit gambar.

Koneksi Internet Cepat

7. Koneksi Internet Cepat
Video dengan kualitas Full HD atau resolusi 720p dengan durasi 5 menit saja akan memiliki ukuran lebih dari 200 MB sehingga apabila ingin upload video tersebut, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat. Koneksi internet yang cepat harus didukung dengan modem atau device internet yang mumpuni. Untuk saat ini satu-satunya yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah modem 4G atau smartphone 4G.