Seputar Tekno

6 Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas

Rasanya memiliki smartphone saja tidaklah lengkap tanpa adanya powerbank. Kebanyakan orang menganggap powerbank sebagai alat utama yang dibawa saat berpergian jauh sehingga memudahkan dalam melalukan charging kapanpun dan dimanapun bila daya baterai habis atau tinggal sedikit. Tapi tidak sedikit pula yang merasa jengkel karena mendapatkan powerbank dengan kualitas buruk. Bahkan ada powerbank yang dapat merusak kualitas baterai smartphone.

Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas

Lantas bagaimana caranya kita mengetahui bahwa powerbank yang mempunyai kualitas bagus dan tentunya bagus untuk smartphone kesayangan? Maka dari itu kami akan memberikan tips-tips khusus buat Anda yang ingin membeli powerbank. Berikut ini tips untuk memilih powerbank yang berkualitas adalah:

1. Pilih powebank yang mempunyai kapasitas besar
Tentu ini menjadi persyaratan utama saat ingin membeli powerbank. Tidak mungkin Anda membeli powerbank yang daya simpannya kecil (<2000 mAh), maka dipastikan akan cepat habis apalagi Anda memiliki smartphone yang mempunyai kapasitas besar di atas 3000 mAh. Oleh karena itu, pilihlah powerbank berkapasitas minimal 10.000 mAh atau 20.000 mAh bila Anda sering berpergian jauh seperti travelling.

2. Pilih powerbank yang cocok dengan gadget Anda
Hal ini pasti sangat penting karena bila powerbank tidak kompatible dengan gadget, bisa merusak atau bahkan memperndek umur baterai gadget itu sendiri. Sebelum membeli powerbank, Anda harus teliti melihat box powerbanknya. Biasanya disana tertera merk smartphone apa saja yang kompatible dengan powerbank.

3. Pilih powerbank yang memiliki layar petunjuk persentase power
Anda harus tahu berapa sisa daya powerbank setelah dipakai sehingga tidak akan bingung lagi tentang dayanya tinggal sedikit atau masih banyak. Walaupun jarang terdapat powerbank yang memiliki layar persentase, namun Anda juga dapat memilih powerbank yang memiliki titik-titik lampu penunjuk jumlah daya.

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

4. Pilih powerbank yang memiliki Safety Protection
Umumnya powerbank berkualitas memiliki safety protection berupa proteksi arus pendek, charging berlebih dan perlindungan akibat panas berlebih. Biasanya fitur-fitur keamanan tersebut dapat dilihat pada kotak powerbank dibagian belakang. Jangan sampai membeli powerbank yang tidak memiliki safety protection karena dapat berpotensi mengakibatkan kerusakan yang fatal pada gadget.

5. Pilih powerbank dengan merk bagus dan ternama
Merk yang bagus dan ternama biasanya dapat dipercaya karena hampir seluruh produknya berkualitas. Karena tidak mungkin bila merk powerbank yang terkenal meluncurkan produk yang abal-abal. Contoh beberapa merk powerbank yang mempunyai kualitas tinggi adalah Powerbank Romoss, Yoobao, Hippo, Enerpad, Mypower Probox, Vivan, Xiaomi, Samsung, Bcare dan Sony.

6. Pilih powerbank yang bergaransi
Di anggap sebagai kewajiban bila suatu perusahaan memberikan jaminan garansi terhadap produk yang dijualnya. Garansi yang bagus biasanya sampai 1 tahun. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan membuat produk yang benar-benar berkualitas dan tidak mau mengecewakan pembeli. Tentunya, powerbank yang bergaransi memiliki harga yang terbilang cukup mahal sekitar Rp 500ribuan.