Berita

6 Fitur iPhone X yang Meniru Android

Belum lama ini, Apple secara resmi menghadirkan perangkat flagship terbarunya yang bertajuk iPhone X dalam acara yang diadakan di Steve Jobs Theater, kampus Apple Park, Cupertino, Amerika Serikat. Smartphone iPhone X hadir dengan tanpa bingkai dan tombol Home. Namun, banyak yang mengatakan bahwa beberapa fitur iPhone X yang meniru Android, lebih tepatnya terdapat 6 fitur yang mirip.

Sebagai bukti inovasi ulang tahun ke-10 iPhone, sudah pasti jika iPhone X mengusung sejumlah fitur baru yang sebelumnya tak pernah ada di series gadget iPhone. Bahkan, desainnya pun terlihat beda dibandingkan produk terdahulu, dengan bagian layar yang hampir tanpa bingkai dan punggung berlapis kaca.

Walaupun begitu, sebagian inovasi yang tersemat oleh iPhone X sebenarnya bukan penemuan baru, melainkan sudah pernah hadir sebelumnya di smartphone Android. Lantas apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut 6 fitur iPhone X yang meniru Android yang bisa Anda lihat di bawah ini:

1. Layar Bezel-less
Smartphone flagship Android masa kini rata-rata sudah mengusung layar bezel-less. Salah satunya ialah Xiaomi Mi Mix, Samsung Galaxy Note 8, Sharp Aquos, dan sebagainya. Tampilan iPhone X pun dibilang hampir mirip dengan Essential Phone milik Bapak Android, karena mempunyai panel atas yang menampung modul kamera depan.

2. Casing Belakang Berlapis Kaca
Apple memang mempopulerkan tren smartphone dengan casing berbahan logam, tapi pabrikan ini bukan yang mempelopori punggung ponsel dengan kaca. Android seri Samsung Galaxy dan LG G6 sudah lebih dulu mengadopsinya. Namun rancangan ini bukannya tanpa kelemahan. Bukan hanya rentan tergores, casing belakang smartphone yang berlapis kaca juga mudah kotor sebab terkena noda sidik jari pengguna.

Artikel menarik:  iPhone 8 dan iPhone X Dipastikan Masuk Indonesia

3. Layar AMOLED
Selama bertahun-tahun lamanya, iPhone selalu memakai layar LCD, bukan AMOLED yang lebih cerah dan fleksibel. Sebaliknya, belakangan ini pabrikan Android kelas menengah seperti Asus pun telah beralih ke AMOLED. Tak disangka, Apple ikut serta dengan menyematkan layar AMOLED ke iPhone X besutannya.

4. Pemindai Wajah
Selain fingerprint scanner, sistem keamanan dengan memindai wajah sedang trend saat ini. teknologi face scanning telah diterapkan pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus yang meluncur Maret 2017 lalu. Sebagai terobosan baru, Apple menyematkan fitur ini pada iPhone X karena didukung oleh perusahaan security biometrik RealFace.

5. Kamera Ganda
Tak heran lagi jika smartphone flagship Android dari berbagai vendor telah mengusung dual kamera untuk kamera belakang atau kamera depannya. Namun, inovasi ini baru diterapkan Apple pada perangkatnya iPhone 7 Plus setahun lalu. kamera ganda yang berlensa wide angle dan shortt telephoto itu pun kembali tersemat pada iPhone X.

6. Fast Charging dan Wireless Charging
Kedua fitur ini sudah menjadi spesifikasi mainstream di kalangan smartphone Android. Karena itulah, Apple akhirnya ikut-ikutan untuk menerapkan teknologi serupa pada iPhone X. Fast charging mampu mempersingkat waktu pada pengisian baterai dan wireless charging, simpel dan praktis karena pengguna tak memakai kabel lagi.