6 Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android

Sobat Gaptex pastinya sangat familiar dengan istilah streaming, apalagi bagi Anda yang hobi menyambangi situs Youtube atau menonton siaran TV dan film dari situs online. Anda juga pastinya sering menemukan kata live streaming dalam program TV yang bisa dinikmati melalui koneksi internet. Terutama pengguna smartphone Android, pastinya kerap melakukan streaming bukan? Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberitahukan 6 aplikasi streaming musik terbaik di Android yang bisa Anda unduh dari Google Play Store.

Mengenal Streaming
Sebelum memasuki pembahasan lebih dalam, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu streaming. Mungkin saja diantara Sobat ada yang belum paham betul apa yang dimaksudkan dari streaming tersebut. Padahal sering melakukan download video streaming di internet, namun saat ditanya, apa itu streaming? Anda pun tidak bisa menjawab artinya dengan benar. Tentu saja tidak mau seperti itu bukan? Maka dari itu, mari simak pengertian streaming di bawah ini.

Secara harfiah, stream bisa diartikan sebagai aliran atau mengalirkan. Apabila dihubungkan dengan konteks pengaksesan internet, streaming berarti proses ‘mengalirkan’ atau mentransfer data dari server ke host, dimana data ini akan mempresentasikan informasi yang perlu disampaikan secara langsung. Data atau informasi yang dikirimkan lewat proses streaming ini umumnya berupa audio, grafik, slideshow, video, web tours, atau aplikasi real time lainnya. Jadi, kalau Anda sedang mengakses Facebook misalnya, maka istilah streaming tidak bisa digunakan.

Saat ini, teknologi streaming semakin pesat seiring dengan perkembangan internet karena sebagian pengguna smartphone tidak mempunyai akses yang cukup tepat untuk mengunduh file multimedia dengan ukuran besar. Berkat teknologi inilah, browser bisa menampilkan data yang Anda minta, bahkan sebelum file belum diterima secara keseluruhan.

Hal ini berarti Anda bisa mendengarkan lagu maupun menonton film online tanpa perlu menunggu data tersebut terunduh sepenuhnya dan diubah menjadi gambar atau suara yang Anda nikmati. Tentunya streaming juga akan menghemat waktu Anda. Namun, agar teknologi streaming bisa bekerja dengan baik, Anda perlu koneksi internet dengan kecepatan yang sama atau seimbang antar server pengirim dan penerima data, atau sering disebut dengan streaming client.

Streaming client harus bisa mengumpulkan dan menyampaikan data dengan kecepatan stabil  akan memungkinkan aplikasi mampu mengubah data menjadi suara ataupun video yang ingin Anda lihat dan benar. Lalu, jika kecepatan penerimaan streaming client melebihi kapasitas, kelebihan data akan disimpan dalam buffer. Hal inilah penyebab kenapa istilah buffering sangat erat kaitannya dengan aktivitas streaming audio dan video. Dari segi lainnya, jika data tidak datang dengan cepat dikarenakan server lambat, tampilan informasi yang dikirim pun tidak akan bagus hasilnya.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Setelah mengetahui apa itu streaming secara jelas dari penjelasan di atas, maka sekarang Anda bisa mengetahui apa saja aplikasi yang bisa digunakan saat streaming. Jika streaming video, Anda pasti biasa menontonnya lewat Youtube, tapi bagaimana jika streaming musik? Streaming sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mendengarkan MP3.

Namun perbedaannya dengan mendengarkan MP3 biasa dan streaming lagu ialah jika mendengarkan MP3 biasa hanya dapat mendengarkan lagu yang sudah Anda download dan tersimpan dalam memori telepon. Berbeda lagi dengan streaming, Anda bisa mendengarkan lagunya tanpa download terlebih dahulu.

Tapi syaratnya Anda harus online, karena arti streaming sebenarnya ialah mendengarkan lagu secara online. Saat ini, syaratnya Anda harus online dan smartphone harus terkoneksi internet. Meskipun begitu, di zaman milenial ini, streaming lagu terus meroket dan eksistensinya semakin banyak disukai oleh semua pengguna Android, terutama dikalangan remaja.

Streaming sendiri sebenarnya tidak harus bermodalkan kuota saja, nyatanya masih ada aplikasi streaming yang gratis alias free. Untuk pengguna iPhone sendiri, biasanya ada aplikasi bawaan yaitu Apple Music, namun bagi Anda pengguna Android tidak usah khawatir karena di bawah ini terdapat beberapa aplikasi yang sangat recommend untuk streaming musik online.

1. JOOX Music
Aplikasi ini diluncurkan di Hongkong dan Malaysia di awal tahun 2015 dan menjadi aplikasi streaming musik yang paling banyak diunduh untuk streaming musik. Sejak awal peluncuran hingga saat ini, JOOX semakin banyak diunduh oleh para pengguna Android maupun Apple.

Di dalam aplikasi JOOX, terdapat koleksi musik terlengkap, serta free radio, lirik lagu, tema galeri, dan unlimited Licensed Music. Lebih menariknya lagi, di JOOX, Anda bisa mendengarkan lagu dari mode offline, namun syaratnya Anda perlu mengunduh lagu tersebut terlebih dahulu di memori telepon. Jika Anda berminat dengan aplikasi streaming ini, Anda bisa langsung mendownload aplikasi JOOX di Google Play Store.

Apa saja fitur-fitur eksklusif yang dimiliki oleh JOOX? Mari simak beberapa fitur yang tersedia di aplikasi streaming musik keren ini sebagai berikut:

– Mendapatkan status VIP selama satu bulan penuh
– Bisa digunakan dalam mode offline
– Share ke sosial media untuk mendapatkan status VIP selama satu hari
– Bisa membuat meme atau gambar tulisan lirik lagu
– Fitur Timer yang akan memberhentikan musik secara otomatis di waktu yang sudah ditentukan sebelumnya

Artikel menarik:  Pengertian Brainware

3. Shazam
Shazam merupakan aplikasi untuk streaming musik secara online yang sangat praktis dan tidak ribet. Jika Sobat Gaptex ingin mendengarkan musik secara online tanpa perlu mengunduh lagunya terlebih dahulu, maka aplikasi ini sangat cocok untuk Anda. Bahkan, Shazam bisa membantu Anda karena merupakan aplikasi handal yang dapat membantu Anda untuk mencari tahu judul lagu yang Anda dengarkan saat Anda sedang mendengarkannya di suatu tempat.

Hal yang perlu Anda lakukan ialah hanya memegang smartphone Android Anda dekat dengan sumber dari suara, dan tunggulah beberapa saat untuk memproses lagunya. Setelah itu, aplikasi ini akan memberitahu Anda judul lagu yang tepat dari lagu tersebut. Lebih menariknya lagi, database Shazam begitu besar sehingga dapat mengenali berbagai lagu mulai dari Kanye West hingga Spice Girls.

Bukan hanya itu, Shazam ini juga memiliki fitur Auto Mode yang memungkinkan aplikasi untuk mendengarkan suara walaupun ia hanya berjalan di background. Fitur tersebut tersemat pada versi terbaru dari Shazam yang dirancang agar tetap aktif secara otomatis.

3. Musixmatch
Bagi Anda yang hobi mendengarkan lagu sambil mencari lirik dari lagu tersebut. Musixmatch merupakan aplikasi dengan koleksi lirik lagu terbesar di dunia yang sudah digunakan oleh jutaan orang untuk mendapatkan lirik dari aplikasi streaming lainnya seperti Spotify, Youtube, Pandora, dan masih banyak lagi. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mendapatkan terjemahan lagu secara langsung.

Musixmatch memiliki beberapa fitur utama yang memungkinkan Anda untuk:
– Menikmati lirik lagu dengan musik dari aplikasi streaming musik seperti Spotify, Pandoran, Apple Music, SoundCloud, Google Play Music, Youtube, dan sebagainya.
– Menyentuh notifikasi real time untuk menampilkan widget Floating Lyrics dan mendapatkan lirik lagu yang sedang diputar.
– Mengidentifikasikan dan mendapatkan lirik setiap lagu yang diputar disekitarmu dengan sekali sentuh.
– Belajar bahasa baru dengan cara menampilkan terjemahan lirik, bersamaan dengan lagu.
– Mencari lagu favorit menggunakan judul, artis, atau hanya dengan satu baris liriknya.

Selain memiliki fitur utama, Musixmatch juga memiliki fitur tambahan seperti pencarian pintar untuk menemukan lirik favorit dengan mudah, membagikan lirik lagu favorit menggunakan fitur LyricsCard, memainkan video Youtube di layar penuh, mengumpulkan lagu yang teridentifikasi dalam daftar putar Spotify, dan masih banyak lagi.

4. SongFlip
Karena mampu menyediakan jutaan lagu secara online, maka tidak heran jika aplikasi SongFlip dapat menjadi salah satu aplikasi streaming musik terbaik saat ini, terutama bagi Anda yang gemar mendengar musik streaming. Bukan hanya mengandalkan berbagai lagu di dalamnya, namun SongFlip juga menyediakan berbagai kemudahan fitur. Contoh fitur yan cukup menarik untuk digunakan ialah multiple download sehingga bisa mengunduh beberapa MP3 sekaligus dalam waktu bersamaan.

SongFlip juga menjadi aplikasi streaming yang sangat menyenangkan karena dapat mendengarkan lagu secara gratis. Anda pun bisa membuat sebuah playlist dan memilih lagu mana yang akan dimasukkan ke playlist nantinya. Selain fitur di atas, SongFlip juga tergolong aplikasi streaming yang ringan, lengkap, dan praktis sehingga semua lagu yang Anda inginkan pasti terdaftar dalam aplikasi ini. Apabila Anda ingin mencobanya, Anda bisa mendownload di Google Play Store.

5. Google Play Music
Google Play Music merupakan aplikasi resmi dari Google yang digunakan untuk mendengarkan musik dari layanannya yang sangat populer secara langsung dari smartphone Android Anda, dengan cara streaming atau tanpa menyimpan musiknya ke dalam memori piranti Anda.

Aplikasi ini mengizinkan penggunanya untuk mendengarkan keseluruhan dari koleksi dari manapun. Ke semua album dan lagu pun akan disimpan secara online melalui akun pengguna dan Anda tak perlu khawatir mengenai tempat penyimpanan pada smartphone. Sebagai tambahan, setiap lagu yang sudah dibeli, akan muncul secara otomatis dalam koleksi musik Anda.

Lebih menariknya lagi, layanan Google Play Music akan mengizinkan penggunanya untuk menambahkan lagu hingga 20.000 banyaknya dari komputer atau laptop secara gratis. Anda juga dapat membuat daftar putar dan memilih lagu favorit supaya mudah mengelola musik dan bisa mengaksesnya setiap waktu. Bukan hanya itu, Google Play Music juga akan memudahkan penggunanya untuk berbagi musik Anda dan merasakan cita rasa tentang musik secara langsung lewat Google Plus.

6. Spotify
Setelah resmi hadir di Indonesia tahun 2016 lalu, Spotify dapat dinikmati secara gratis maupun premium di smartphone Android.

Sejak awal peluncurannya, Spotify menjadi aplikasi streaming musik online paling populer dan terbaik di dunia dan menjadi satu-satunya pesaing terbesar yang berasal dari Apple Music. Beberapa fitur menarik yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini ialah:

– Membuat playlist sendiri
– Mendengarkan playlist orang lain
– Pilihan lagu berdasarkan genre dan mood
– Mendengarkan lagu secara offline
– Memutar audio berkualitas tinggi
– Menampilkan lirik dan ikut bernyanyi
– Bermain game sambil mendengarkan musik
– Fitur khusus untuk pengguna yang hobi lari