5 Tips Rahasia Menggunakan BBM Android

BlackBerry Messenger atau BBM masih menjadi aplikasi chatting nomor satu di Indonesia. BBM merupakan aplikasi paling banyak diunduh oleh pengguna smartphone di tanah air. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Baidu Indonesia Research pada Desember 2015, sebanyak 92% dari 2.200 pengguna smartphone memiliki aplikasi BBM di ponsel mereka. Jika termasuk salah seorang di antaranya, tahukah Anda bahwa BBM memiliki sejumlah fitur rahasia? Fitur-fitur tersebut akan membantu Anda memaksimalkan penggunaan BBM.

Tips Rahasia Menggunakan BBM Android

Pada tulisan kali ini, kita akan mengetahui lima tips rahasia untuk menggunakan BBM di perangkat Android.

1. Mention nama teman
Ketika berinteraksi di grup BBM, Anda bisa melakukan mention atau menyebutkan nama teman. Fitur ini bisa dikatakan seperti fitur mention yang dimiliki Facebook dimana Anda bisa menyebutkan nama teman pada suatu posting atau melakukannya di kolom komentar. Cara untuk melakukan mention di aplikasi BBM tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melakukan tap dan menahan beberapa saat di salah satu foto kontak yang terdapat di grup BBM. Setelah itu, nama kontak otomatis ter-mention.

2. Retract pesan salah kirim
Tips rahasia BBM berikutnya adalah retract pesan yang terlanjur salah kirim. Fitur ini boleh jadi yang menjadi keunggulan BBM jika dibandingkan aplikasi chatting lain. Pada aplikasi lain, pesan yang salah kirim tidak dapat ditarik atau dihapus. Dengan fitur ini, Anda bisa menarik kembali atau meralat pesan BBM yang sudah dikirim. Caranya pun mudah. Anda hanya tinggal melakukan tap dan menahan beberapa saat pada pesan tersebut. Pada opsi yang ditampilkan, Anda pilih hapus dan retract.

Artikel berhubungan:  Tips Menjual & Upgrade iPhone ke Versi 5S

3. Berkirim pesan rahasia
Pesan rahasia ini bisa dikirim dengan memanfaatkan fitur Timed Messenger. Pesan rahasia di sini artinya pesan dikirim dan dibaca oleh si penerima dalam waktu yang ditentukan, mulai dari 1, 3, 5, 30, sampai dengan 60 detik. Setelah pesan diketik, Anda pilih nama kontak yang akan dikirimi pesan rahasia. Sebelum pesan dikirim, Anda melakukan tap pada ikon jam di sudut kiri bawah untuk mengaktifkan fitur Timed Messenger. Setelah memilih durasi pesan, Anda bisa mengirimkannya.

4. Berbagi lokasi
Jika ingin memberitahukan teman mengenai posisi berada, Anda bisa berbagi lokasi dengan BBM. Caranya tidak kalah mudah dan praktis. Anda cukup membuka daftar kontak BBM dan memilih nama kontak yang ingin diberitahu mengenai posisi Anda. Anda selanjutnya memilih opsi share location. Tips ini bisa dicoba tentunya dengan tidak lupa mengaktifkan fitur GPS yang terdapat di smartphone Anda.

5. Backup pesan
Backup pesan dilakukan untuk menjaga pesan supaya tidak hilang dari BBM. Setelah masuk ke menu BBM, Anda tap opsi “pengaturan”, lalu scroll hingga menemukan opsi “simpan riwayat obrolan”. Setelah itu, Anda memberikan tanda centang pada pilihan tersebut dan melakukan tap pada opsi “cadangkan sekarang”. Proses backup pun selesai dan semua percakapan akan ter-backup ke server BBM.

Semoga bermanfaat!