Tips & Trik

5 Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Tak bisa dipungkiri, akibat zaman yang bertambah canggih, penggunaan smartphone pun semakin penting dan menjadi pusat banyak kegiatan, mulai dari memotret foto, menonton film, hingga melakukan pekerjaan sehari-hari. Namun sayangnya, fungsi-fungsi tersebut kerap terkendala oleh masalah baterai yang cepat habis sehingga Anda mau tak mau harus mengisi ulang daya, baik dari sumber arus listrik ataupun powerbank. Supaya cepat terisi full, Anda perlu mengetahui 5 tips mempercepat pengisian baterai smartphone yang akan kami jelaskan pada artikel ini.

Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis
Sobat Gaptex pasti sering bertanya-tanya, kenapa baterai smartphone cepat sekali habis? Padahal baru di charge hingga penuh dan belum sampai satu hari, atau bahkan belum sampai setengah hari, baterai sudah terkuras hampir habis. Kenapa bisa seperti itu? Mari simak beberapa penyebab baterai smartphone boros di bawah ini:

1. Layar Smartphone
Seperti yang Anda ketahui, pabrikan smartphone sedang berlomba-lomba untuk membuat perangkat yang memiliki layar lebar dengan bezel tipis bak tanpa batas. Namun sayangnya, ukuran layar yang besar membutuhkan energi yang tidak sedikit sehingga menjadi penyebab baterai smartphone Anda cepat habis.

Memilih smartphone berlayar besar memerlukan daya baterai yang berukuran besar pula. Jadi, kalau baterai yang disediakan berkapasitas kecil, maka secara otomatis, baterai smartphone tidak mampu bertahan lama ketika digunakan. Oleh karena itu, saat membeli smartphone, pertimbangkanlah dengan matang ukuran layar dan kapasitas baterainya.

2. Konektivitas
Saat menggunakan smartphone, Anda pasti menghidupkan koneksi internet, baik itu sinyal 3G atau 4G, sehingga beragam aplikasi yang Anda gunakan terus-menerus mengirim dan menerima data. Tapi, selain internet, beberapa konektivitas lainnya yang memungkinkan baterai sangat boros adalah mengaktifkan bluetooth, menyalakan WiFi padahal koneksi internet dari kartu operator berjalan, menghidupkan GPS, dan sejenisnya.

3. Penggunaan Kamera yang Terlalu Sering
Perlu diketahui jika kamera membutuhkan daya yang besar untuk menangkap gambar atau merekam video. Semakin sering Anda menggunakan fitur kamera, maka baterai pun akan lebih cepat terkuras. Adapun cara untuk menghemat baterai smartphone ketika menggunakan kamera ialah dengan meminimalkan penggunaan HDR, jangan gunakan lambu flash atau menurunkan kualitas gambar dan video.

4. Aplikasi yang Terhubung ke Internet
Berbagai aplikasi yang Anda atur sync secara continue ialah racun bagi baterai. Aplikasi seperti Instagram, BBM, Facebook, Snapchat, ataupun aplikasi lainnya yang bisa sync secara kontinue akan banyak menguras baterai.

5. Bermain Games 3D
Bermain game memang snagat menyenangkan, namun aktivitas ini akan memakan energi yang cukup besar, apalagi game-game yang terbentuk tiga dimensi. Jika Anda sering bermain game HD atau 3D, maka tidka heran smartphone akan mudah panas dan baterai cepat habis. Berbagai aplikasi game yang paling banyak dianggap menguras baterai adalah Hay Day, Angry Bird, Minecraft, Candy Crush Saga, Clash of Clans, dan masih banyak lagi.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone
Apabila Anda tidak memiliki smartphone yang memiliki kapasitas baterai jumbo, misalnya Asus Zenfone 4 Max Pro dengan baterai jumbo 5000 mAh, maka Anda patut mengetahui tips satu ini. Smartphone seringkali bolak-balik disambungkan ke perangkat charge.

Proses pengisian ini tidak selalu bisa dilakukan semalaman atau selagi tidur menunggu waktu. Jika waktunya tidak tepat, proses charging dapat mengganggu kegiatan. Katakanlah Anda sedang diburu waktu karena 30 menit lagi harus bertemu dengan klien, namun baterai ponsel lemah tinggal 10 persen. Keadaan ini akan memaksa Anda untuk mengisinya dengan cepat, supaya ketika sampai ditempat yang dijanjikan, Anda masih dapat menghubungi klien.

Memang, tips mempercepat pengisian baterai smartphone yang kami sampaikan ini tidak lantas membuat proses charging ponsel Anda jadi secepat kilat. Namun setidaknya tips-tips ini akan membuat pengisian daya berjalan lebih cepat 15 hingga 25% lebih cepat. Tentu saja pengisian baterai ini lebih hemat waktu dibandingkan dengan charging berjam-jam lamanya.

Lantas apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan agar charging baterai smartphone cepat penuh? Mari simak tips-tips di bawah ini yang bisa Anda terapkan pada smartphone Android maupun Apple.

1. Matikan Smartphone Saat Dicharger
Kapasitas daya baterai jelas dipergunakan untuk kepentingan operasional smartphone. Meskipun Anda tidak melakukan apapun pada smartphone tersebut, ternyata baterai bisa berkurang dengan sendirinya. Hal ini bukan tanpa alasan karena baterai pada smartphone dimanfaatkan untuk mencari sinyal, entah itu terhubung koneksi internet atau tidak.

Jadi, apabila Anda ingin proses pengisian baterai smartphone berjalan dengan kencang, maka Anda perlu mematikan perangkat seutuhnya. Pastikan Anda tidak hanya mematikan layarnya saja, melainkan dengan menekan tombol power hingga dalam keadaan mati total. Hal ini jelas sangat berpengaruh pada kegiatan itu sendiri, karena jika tidak dimatikan dari tombol power, maka smartphone Anda akan terus beroperasi untuk menjalankan program diluar aktivitas Anda tentunya.

Bukan hanya itu, tidak sedikit aplikasi yang menggunakan mode otomatis untuk membuat perangkat bisa terhubung dengan internet sehingga bisa memberikan pembaruan berita lebih update. Jika Anda menggunakan mode otomatis online, maka sangat mempengaruhi daya baterai yang secara besar, apalagi saat charging daya.

2. Gunakan Charger Original, Bukan dari USB Port
Apabila Anda berada dalam situasi waktu yang terbatas, mengisi baterai smartphone menggunakan USB port bukanlah solusi yang tepat. Pamakaian kabel USB justru akan membuat proses charging berjalan dengan lambat. Maka dari itu, untuk mempercepat pengisian baterai smartphone ialah mengisi daya baterai melalui charger original yang tersedia.

Setiap pabrikan smartphone pastinya sudah menghitung seberapa besar tegangan dan aliran arus yang tepat untuk produknya. Karenanya, diharapkan untuk selalu gunakan charger original saat melakukan pengisian ulang. Bukan hanya berjalan dengan cepat, usia baterai smartphone juga akan lebih awet.

Lantas apa yang membuat pengisian baterai menggunakan USB port berjalan lebih lambat dari biasanya? Jawabannya adalah karena daya yang diambil melalui USB mempunyai output lebih kecil. Besarnya hanya sekitar 0,5 ampere saja. Meskipun USB port 3.0 dapat memberikan arus hingga 0,9 ampere, tapi angka itu ialah angka maksimumnya, bukan angka rata-rata. Jadi sangat mungkin bila Anda justru akan mendapat arus yang lebih sedikit.

3. Buat Baterai Jadi Adem
Dalam tips mempercepat pengisian baterai smartphone saat ini, kita akan berbicara mengenai suhu. Kebanyakan smartphone telah menggunakan baterai berjenis Lithium-ion. Sebagai informasi tambahan, jenis baterai ini memiliki prinsip yang sederhana yaitu jika suhunya lebih adem, maka kinerja akan lebih baik.

Apabila smartphone Anda mengusung desain casing belakang yang bisa dilepas, maka Anda bisa melepaskan cover bagian belakang casing smartphone tersebut untuk membuat baterainya bisa ‘bernafas’ lebih lega sehingga suhunya lebih dingin. Selain itu, jangan sembarangan untuk meletakkan perangkat yang sedang dicharge. Letakkanlah di tempat yang sejuk agar baterai tidak panas. Hindari pengisian ponsel di tempat yang panas seperti di atas bantal.

4. Manfaatkan Mode Pesawat
Apabila Anda tidak ingin mematikan ponsel karena takut ada pesan penting yang masuk ke dalam WhatsApp dan BBM, Anda bisa memasang mode pesawat yang bisa dirubah dari model normal cukup dengan satu klik saja. Terlebih lagi jika tempat Anda berada dalam cakupan WiFi, manfaatkan saja sinyal WiFi untuk tetap bisa menerima notif dari internet. Cara ini diklaim bisa mempercepat pengisian baterai Android hingga 12 persen.

5. Kalibrasi Baterai
Kalibrasi batera memang terkadang disepelekan. Baterai yang digunakan dihabiskan sampai benar-benar kehabisan daya alias 0% akan membuat usia baterai semakin pendek. Hal ini akan berakibat pada ketidakseimbangan saat pengisian baterai. Agar tidak mengalami hal itu, Anda perlu merawat baterai lebih giat lagi.

Segera lakukan pengisian ulang minimal saat baterai sudah berada diposisi 5%. Jangan terus dipaksa menghabiskannya sampai benar-benar kosong. Setelah itu, Anda perlu melakukan kalibrasi minimal sebulan sekali. Cara mempercepat pengisian baterai smartphone kali ini cukup mudah.

Gunakan saja smartphone Anda sampai baterainya 0%, kemudian isi hingga 100% dalam kondisi mati. Cara kalibrasi ini akan membuat baterai lebih awet dan sehat. Baterai yang sehat pun akan lebih cepat terisi dan tidak cepat lowbat dibanding yang sudah berkondisi jelek.