5 Tips Memilih RAM Terbaik

RAM atau Random Access Memory merupakan komponen gadget yang berfungsi untuk menyimpan data sementara, sebelum data itu akan diproses oleh prosesor. Performa RAM yang kencang pastinya akan membuat performa sebuah gadget, baik itu smartphone atau PC, lebih powerfull juga. Sejak kartu grafis mulai merambah masuk ke dalam CPU, RAM bukan hanya mempengaruhi performa prosesor tetapi juga berpengaruh pada kinerja grafis yang terintegrasi.

5 Tips Memilih RAM Terbaik

Pada kesempatan sebelumnya, kami telah memberikan informasi mengenai cara memaksimalkan kinerja RAM Android, kali ini kami akan memberikan tips memilih RAM terbaik sehingga Anda tidak salah pilih ketika ingin membeli sebuah gadget atau merakit sendiri perangkat teknologi. Bukan hanya kapasitas RAM saja yang harus Anda lihat tetapi juga faktor-faktor di bawah ini:

1. Seri
Apabila Anda ingin membeli RAM atau menambah RAM pada PC Anda, hal pertama yang harus dilihat adalah serinya. Contoh, Anda membeli dua buah RAM dan pastikan yang sejenis. Jika perangkat Anda mempunyai seri RAM PC12800, berarti Anda juga harus memberi RAM yang berseri sama yakni PC12800 juga, sebab bila seri berbeda maka akan membahayakan gagdet.

2. Kecepatan Frekuensi
Ada sebagian motherboard yang tidak support dengan kecepatan frekuensi RAM tertentu. Oleh sebab itu, Anda harus melihat minimal dan maksimal kemampuan motherboard untuk menerima kecepatan frekuensi RAM. Selain motherboard, prosesor juga harus sesuai untuk menerima kecepatan frekuensi RAM Anda.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Software [Komplit]

3. Kapasitas
Sementara untuk kapasitas RAM juga harus di usahakan sama dengan seri, sebab apabila seri dan kapasitas RAM sama, maka kinerja perangkat akan begitu stabil.

4. Merk
Tak dipungkiri, jika Anda ingin membeli suatu barang pastinya memilih barang dengan merk yang terkemuka. Tidak beda dengan RAM, usahakan Anda menggunakan RAM dari produsen yang sudah terkenal sehingga perangkat yang Anda punya memiliki performa yang baik.

5. Interface
Bisa jadi interface adalah faktor yang paling penting dari pemilihan RAM terbaik. Hal tersebut di karenakan RAM harus mempunyai socket yang sama. RAM DDR2 harus dipasangkan dengan interface DDR2 juga sedangkan apabila RAM DDR3 maka pasangkan dengan DDR3 pula, dan seterusnya.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part