5 Tips Memaksimalkan Penggunaan LinkedIn

LinkedIn adalah jejaring sosial yang tepat bagi Anda yang sedang merintis usaha atau baru memutuskan terjun ke dunia kerja. Berbeda dengan Facebook, Twitter, dan Instagram, yang merupakan jejaring sosial personal, LinkedIn tampil sebagai jejaring sosial untuk kalangan profesional dalam mendapatkan pekerjaan idaman sesuai dengan kualifikasi diri. Beberapa perusahaan besar menggunakan LinkedIn untuk merekrut karyawan, namun fungsinya juga bisa digunakan oleh pelaku usaha kecil dan menengah untuk memperluas jaringan usahanya.

Tips Memaksimalkan Penggunaan LinkedIn

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas lima tips rahasia memaksimalkan LinkedIn untuk membuat profil yang menarik.

1. Foto
Sebagian besar perusahaan atau pihak-pihak yang tertarik dengan profil Anda, menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat foto Anda. Jika pada jejaring sosial lain, foto bisa diatur semenarik mungkin dengan beragam pose unik, hal tersebut tidak berlaku di LinkedIn. Sebab, LinkedIn digunakan oleh kalangan profesional sehingga bukan seberapa unik atau menarik, melainkan seberapa profesional penampilan yang dihadirkan melalui foto. Anda bisa memilih foto terbaru dengan busana formal.

2. Headline
Setelah foto, first impression atau kesan pertama datang dari headline profil. Anda harus memanfaatkan 120 karakter sebaik mungkin untuk mendeskripsikan diri secara informatif. Headline profil ini bisa dianalogikan sebagai fungsi cover sebuah buku atau majalah. Memang benar, cover tidak menentukan isi, namun sebagian besar orang akan tertarik dengan cover yang padat namun lengkap. Anda ingat kembali tujuan membuat akun di LinkedIn.

3. Resume
Resume atau summary adalah tips berikutnya untuk memaksimalkan LinkedIn. Jejaring sosial ini menyediakan 2.000 karakter untuk Anda menjelaskan diri secara lebih detil. Tidak ada format yang baku untuk menulis resume di LinkedIn, namun Anda sebaiknya menjelaskan latar belakang, passion yang menjadi minat, prestasi yang paling membanggakan, serta tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai di masa depan. Resume akan membantu dalam mengenali hal-hal di luar cover profil.

4. Pencapaian
Jika pada resume, Anda menuliskan pencapaian secara garis besar, maka di kolom-kolom berikutnya, Anda menuliskan penjelasan dari pencapaian tersebut secara lebih rinci. Pencapaian di sini meliputi pendidikan, kursus, penelitian, pengalaman kerja, termasuk kegiatan volunteer. Memang sebaiknya, pencapaian ini memuat hal-hal yang relevan dengan resume. Akan tetapi, Anda juga bisa menuliskan hal-hal lain yang tidak terlalu berkaitan untuk memberikan perspektif lain diri Anda.

5. Grup
Anda bisa memanfaatkan beragam fitur yang ditawarkan LinkedIn, salah satunya adalah grup. Berbagai grup tersedia di LinkedIn sesuai dengan jenis usaha atau bidang yang sedang atau akan Anda tekuni. Dengan terlibat di dalam grup, Anda bisa memperoleh informasi lowongan sesuai dengan apa yang dicari. Selain itu, grup LinkedIn bisa menjadikan Anda semakin dikenal dan kekuatan jaringan ini dapat dimanfaatkan untuk memperoleh kesempatan masa depan yang diinginkan.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part