Seputar Tekno

5 Software Akuntansi Terbaik Tahun 2015

Pekerjaan akuntansi merupakan suatu pekerjaan yang dapat menguras tenaga dan pikiran. Bagaimana tidak, kita diharuskan untuk bertatapan dengan berlembar-lembar deretan panjang angka-angka. Untungnya, kemajuan teknologi telah membuat hidup ini menjadi lebih mudah. Kini tersedia berbagai software yang dapat membantu Anda mengerjakan berbagai hal dengan lebih efektif. Perhitungan-perhitungan akuntansi dapat dilakukan secara otomatis dengan beragam aplikasi komputer yang tersedia.

Di antara sekian banyak software akuntansi yang ada di pasaran, kami telah mengumpulkan 5 software akuntansi terbaik agar Anda dapat memilih dengan lebih mudah software mana yang cocok untuk Anda.

1. Apache OFBiz

Software Akuntansi Terbaik Tahun 2015
Apache Open For Business (OFBiz) merupakan aplikasi open-source yang berfungsi untuk melakukan otomatisasi proses-proses perusahaan yang mencakup Resource Planning, Customer Relationship Management, E-Business / E-Commerce, Supply Chain Management, Manufacturing Resource Planning, Maintenance Management System / Enterprise Asset Management, hingga Point Of Sale. Fitur-fitur yang disediakan tergolong lengkap. Untuk Akuntansi, tersedia fungsi perhitungan vendor management, invoice, perjanjian, hingga general ledger.

2. GnuCash

Software Akuntansi Terbaik Tahun 2015 1
GnuCash, seperti diindikasikan oleh namanya, merupakan aplikasi berlisensi GNU GPL yang lebih difungsikan untuk akuntansi keuangan personal atau usaha kecil hingga menengah (UKM). Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk sistem operasi GNU/Linux, BSD, Solaris, Mac OS X and Microsoft Windows. GnuCash tergolong amat mudah digunakan, tetapi cukup powerful dan fleksibel untuk berbagai keperluan. GnuCash mampu melacak rekening bank dan saham, menghitung pendapatan dan beban, serta mampu melakukan fungsi checkbook register. GnuCash dirancang berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi profesional untuk memastikan neraca seimbang dan membuat perhitungan laporan yang akurat.

Artikel menarik:  Apa itu Sina Weibo?

3. Grisbi

Software Akuntansi Terbaik Tahun 2015 2
Grisbi juga merupakan software akuntansi yang menggunakan lisensi GNU GPL, tersedia secara gratis untuk sistem operasi GNU / Linux serta Windows. Software ini memiliki user-interface yang sederhana dan intuitif. Penggunaannya lebih ditujukan untuk akuntansi personal dan usaha kecil. Grisbi mampu mengelola beberapa account. Ia memperhitungkan pengeluaran dan penerimaan, garis anggaran, tahun keuangan, serta informasi-informasi keuangan lain, yang membuatnya cukup powerful. Akan tetapi, Grisbi tidak mendukung akuntansi double entry.

4. LedgerSMB

Software Akuntansi Terbaik Tahun 2015 3
LedgerSMB merupakan program akuntansi keuangan open-source yang bekerja pada platform UNIX termasuk Linux, BSD, dan Apple OS X. LedgerSMB juga telah diuji pada sistem operasi Windows. LedgerSMB mendukung fitur-fitur seperti general ledger dan entri jurnal, penjualan, manajemen aset dan inventaris, point of sale, hingga pelaporan. Pengguna juga dapat menginstall add-ons tambahan seperti fitur budgetting dan pembuatan template transakasi apabila dibutuhkan.

5. SQL-Ledger

Software Akuntansi Terbaik Tahun 2015 4
SQL-Ledger merupakan software Enterprise Resource Planner (ERP) berbasis web yang bekerja pada platform *NIX, Mac, dan Windows. SQL-Ledger mendukung akuntansi entri ganda. Data akuntansi disimpan pada suatu server database SQL, sementara untuk menampilkannya dapat digunakan browser berbasis GUI. Sehingga, Anda dapat mengakses software ini dari mana pun dan kapan pun hanya dengan melalui browser. User-interface SQL-Ledger sederhana dan intuitif sehingga mudah digunakan.

Semoga bermanfaat.