5 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2016

Seakan hendak menjawab kebutuhan konsumen, berbagai vendor kini saling berlomba dalam meluncurkan smartphone dengan kamera terbaik. Fitur kamera canggih tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu faktor pertimbangan sebelum membeli ponsel pintar. Banyak pengguna yang menjadikan kamera sebagai tolak ukur sebuah perangkat. Seiring hal tersebut, banyak pula smartphone yang kini menawarkan fitur kamera beragam untuk menarik pelanggan.

Smartphone dengan Kamera Terbaik 2016

Berikut ini adalah lima smartphone dengan kamera terbaik sampai dengan hari ini :

1. Samsung Galaxy S7
Smartphone flagship besutan Korea Selatan ini langsung mencuri perhatian begitu diperkenalkan awal tahun 2016. Terlebih lagi, preferensi publik bahwa Samsung dikenal dengan fitur kamera sebagai salah satu andalan. Samsung Galaxy S7 memiliki kamera belakang 12 MP dan kamera depan 5 MP. Kedua kamera dibekali bukaan diafragma atau aperture f/1.7. Selain LED Flash dan Autofocus, sejumlah fitur pendukung lainnya adalah High Dynamic Range (HDR) dan Optical Image Stabilization (OIS). Fitur-fitur tersebut menjadikan hasil semakin berkualitas, sekalipun objek diambil di ruang terbuka atau tertutup, dalam kondisi minim pencahayaan, serta dalam orientasi portrait atau landscape.

2. Oppo F1 Plus
Pada awal Agustus 2016, Oppo baru saja meluncurkan seri F1s. Seri ini merupakan kelanjutan dari Oppo F1 Plus yang secara garis besar keduanya memiliki fitur yang tak jauh berbeda (lihat disini). Hal yang menarik adalah ukuran piksel kamera depan lebih besar daripada kamera belakang dimana Oppo F1 Plus didukung kamera belakang 13 MP dan kamera depan 16 MP. Sebagai camera phone selfie expert, Oppo F1 Plus dibekali fitur Beautify 4.0 untuk membuat gambar semakin natural dan teknologi ISOCELL yang mampu meningkatkan kerapatan piksel. Ditambah lagi, fitur Hi-Light Camera yang berperan dalam mengatur tingkat pencahayaan.

3. LG G5 SE
LG G5 SE mengandalkan teknologi dual camera yang terdapat pada kamera belakang. Pihak vendor menyematkan dua lensa kamera dan dua lampu kilat. Pengguna bisa mengambil gambar berkekuatan 16 MP atau 8 MP. Selain LED Flash dan Autofocus, fitur pendukung lain untuk kamera LG G5 SE adalah teknologi OIS 3-Axis yang berfungsi menjaga kestabilan gambar dengan mempertahankan resolusi tetap tinggi. Detail warna yang dihasilkan cukup natural, tidak berlebihan. Kamera depannya sendiri berkekuatan 8 MP. Meski demikian, bukaan lensa yang dimiliki tidak sama dimana kamera belakang dibekali aperture f/1.8, sedangkan kamera depan dibekali aperture f/2.0.

Artikel berhubungan:  Review Xiaomi Band 2 : Gelang Pintar Kemampuan Tak Terbatas

4. Huawei P9 Plus
Smartphone premium dari Tiongkok ini sampai harus bekerja sama dengan Jerman demi menghadirkan fitur kamera canggih untuk para pelanggan. Huawei P9 Plus memiliki kamera belakang 12 MP dengan aperture f/2.2 dan kamera depan 8 MP dengan aperture f/1.9. Hal yang menarik adalah kamera belakang yang menggunakan lensa buatan Leica, produsen kamera asal Jerman yang terkenal mutunya. Kamera belakang Huawei P9 Plus bahkan disebut-sebut hampir menyamai kualitas kamera SLR dan Mirrorless. Selain itu, sensor kamera yang digunakan adalah buatan Sony, baik untuk kamera belakang maupun depan. Kualitas gambar yang dihasilkan pun tidak diragukan lagi.

5. Sony Xperia C5 Ultra Dual
Jika Oppo mengusung tagline Selfie Expert, maka Sony mengusung tagline Pro Selfie melalui seri Xperia C5 Ultra Dual. Baik kamera belakang maupun depan, sama-sama mengusung piksel tinggi 13 MP. Smartphone ini merupakan andalan Sony dalam mengedepankan fitur kamera untuk para konsumen. Tidak hanya resolusi yang tinggi, kamera yang dimiliki juga punya wide angle yang lebar. Kamera tersebut dilengkapi fokus otomatis hybrid prediktif yang mampu mencegah nuansa buram saat memotret objek bergerak. Fokus hybrid ini bekerja hanya dalam 0,03 detik. Untuk foto grup selfie, Sony Xperia C5 Ultra Dual menggunakan lensa bersudut bidik lebar.