5 Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

iPhone 6 akhirnya secara resmi diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Apple. Seperti biasa, iPhone akan segera hadir di 9 negara maju pada 19 September mendatang, lalu menyusul negara-negara lainnya, barulah kemudian menyambangi tanah air. Apple sendiri mengeluarkan 2 varian iPhone 6, yaitu iPhone 6 reguler dan iPhone 6 plus. Tentu ada beberapa perbedaan antara kedua versi tersebut. Mari kita kupas mendalam.

Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Ukuran Layar
Perbedaan paling mencolok antara iPhone 6 dan iPhone 6 plus adalah pada ukuran layar. Ukuran ini kemudian mempengaruhi juga resolusi. Meski berbeda ukuran, kedua-duanya menggunakan teknologi IPS yang sama.
iPhone 6 : 4,7 inci resolusi 1334 x 750, kerapatan 326ppi
iPhone 6 Plus : 5,5 inci resolusi 1920 x 1080, kerapatan 401ppi

Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus a

Otak
Tak ada perbedaan antara ‘otak’ keduanya. Baik iPhone 6 maupun 6 plus sama-sama menggunakan prosesor terbaru Apple A8 yang diklaim memeiliki kinerja CPU 20% lebih kencang dibanding Apple A7 dengan kinerja GPU 50% lebih baik.

Desain
Jika disebelah-belahkan, Apple iPhone 6 dan iPhone 6 plus seperti ‘kakak-adik’ dengan desain nyaris sama, hanya ukuran saja yang berbeda. Tetapi, jika ditilik lebih dalam, terdapat perbedaan ketebalan diantara keduanya : iPhone 6 tebal 6,8 mm & iPhone 6 Plus tebal 7,1 mm. Ketebalan ini tentu lebih tipis jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya iPhone 5 & 5S yang memiliki tebal 7.6 mm.

Artikel berhubungan:  Ah, iPhone 5C Yang Tak (Jadi) Murah

Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus b

Baterai
Ukuran layar secara langsung akan mempengaruhi konsumsi baterai. Tetapi, pada iPhone 6 dan 6 plus, daya tahan baterai yang lebih lama ada pada versi 6 plus. Apple membenamkan kapasitas baterai yang cukup besar pada keduanya, terutama pada versi 6 plus yang memang diperuntukkan untuk hiburan.
iPhone 6 : 11 jam video, 11 jam browsing
iPhone 6 Plus : 14 jam video, 12 jam browsing

Harga
iPhone 6 plus dengan layar 6 plus tentu saja dihargai lebih mahal oleh Apple. Untuk paket bundling operator yang dijual di AS, perbedaan harga terpaut di angka $100 untuk versi yang paling murah.

Kesimpulan
Tentu saja ada pemikiran yang cukup mendalam ketika Apple mengeluarkan iPhone 6 dalam 2 versi. Jika Anda membutuhkan iPhone 6 yang pas dalam genggaman sama halnya dengan iPhone 5 atau 5S, maka Anda sebaiknya memilih iPhone 6 reguler saja. Tetapi jika Anda membutuhkan phablet dengan ukuran lebih besar, iPhone 6 plus merupakan pilihan yang paling oke.