5 Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

iPhone 6 akhirnya secara resmi diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Apple. Seperti biasa, iPhone akan segera hadir di 9 negara maju pada 19 September mendatang, lalu menyusul negara-negara lainnya, barulah kemudian menyambangi tanah air. Apple sendiri mengeluarkan 2 varian iPhone 6, yaitu iPhone 6 reguler dan iPhone 6 plus. Tentu ada beberapa perbedaan antara kedua versi tersebut. Mari kita kupas mendalam.

Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Ukuran Layar
Perbedaan paling mencolok antara iPhone 6 dan iPhone 6 plus adalah pada ukuran layar. Ukuran ini kemudian mempengaruhi juga resolusi. Meski berbeda ukuran, kedua-duanya menggunakan teknologi IPS yang sama.
iPhone 6 : 4,7 inci resolusi 1334 x 750, kerapatan 326ppi
iPhone 6 Plus : 5,5 inci resolusi 1920 x 1080, kerapatan 401ppi

Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus a

Otak
Tak ada perbedaan antara ‘otak’ keduanya. Baik iPhone 6 maupun 6 plus sama-sama menggunakan prosesor terbaru Apple A8 yang diklaim memeiliki kinerja CPU 20% lebih kencang dibanding Apple A7 dengan kinerja GPU 50% lebih baik.

Desain
Jika disebelah-belahkan, Apple iPhone 6 dan iPhone 6 plus seperti ‘kakak-adik’ dengan desain nyaris sama, hanya ukuran saja yang berbeda. Tetapi, jika ditilik lebih dalam, terdapat perbedaan ketebalan diantara keduanya : iPhone 6 tebal 6,8 mm & iPhone 6 Plus tebal 7,1 mm. Ketebalan ini tentu lebih tipis jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya iPhone 5 & 5S yang memiliki tebal 7.6 mm.

Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus b

Baterai
Ukuran layar secara langsung akan mempengaruhi konsumsi baterai. Tetapi, pada iPhone 6 dan 6 plus, daya tahan baterai yang lebih lama ada pada versi 6 plus. Apple membenamkan kapasitas baterai yang cukup besar pada keduanya, terutama pada versi 6 plus yang memang diperuntukkan untuk hiburan.
iPhone 6 : 11 jam video, 11 jam browsing
iPhone 6 Plus : 14 jam video, 12 jam browsing

Baca Juga :  Cara Menghapus Lock iCloud di iPhone iOS 7

Harga
iPhone 6 plus dengan layar 6 plus tentu saja dihargai lebih mahal oleh Apple. Untuk paket bundling operator yang dijual di AS, perbedaan harga terpaut di angka $100 untuk versi yang paling murah.

Kesimpulan
Tentu saja ada pemikiran yang cukup mendalam ketika Apple mengeluarkan iPhone 6 dalam 2 versi. Jika Anda membutuhkan iPhone 6 yang pas dalam genggaman sama halnya dengan iPhone 5 atau 5S, maka Anda sebaiknya memilih iPhone 6 reguler saja. Tetapi jika Anda membutuhkan phablet dengan ukuran lebih besar, iPhone 6 plus merupakan pilihan yang paling oke.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part