5 Kelebihan BBM Yang Tidak Dimiliki Aplikasi Sejenis

Hanya dalam hitungan hari setelah diluncurkan, Blackberry Messenger (BBM) menyodok ke urutan pertama daftar applikasi “top free” di Google Play mengalahkan WhatsApp yang sudah cukup lama bercokol disana. Tak kurang dari 10 juta kali applikasi tersebut diunduh dalam waktu 24 jam meskipun dengan sistem ‘antrian’ dimana setiap pengguna baru harus menunggu sebelum dapat menggunakannya. Dan terhitung sejak 27 Oktober kemarin, BBM tak lagi memeberlakukan sistem antrian dimana pengguna dapat menggunakannya secara langsung.

5 Kelebihan BBM Yang Tidak Dimiliki Aplikasi Sejenis

Pertanyaannya, mengapa BBM begitu laris-manis-tanjung-kimpul dan begitu populer di kalangan pengguna?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, kita tentu saja harus melakukan perbandingan antara BBM dengan aplikasi chat sejenis seperti WhatsApp, Line, WeChat, Kakaotalk dan lain sebagainya. Juga dari sejarah penggunaannya, terutama di tanah air.

BOOMING BBM
Kita tahu bahwa beberapa tahun lalu, BBM sangat ‘booming’ di Indonesia. Kehadirannya seolah menggantikan sms dan chatting menggunakan platform lain. Berbagai fitur BBM seperti notifikasi centang (v), D, R dan PING dianggap memudahkan pengguna. Saat itu, hampir tak ada aplikasi sejenis yang memiliki fitur yang sama. Belum lagi autotext yang melegenda dimana user hanya perlu mengetikkan kata tertentu saja yang sudah disetting sebelumnya untuk memunculkan text tertentu.

Belakangan, kehadiran WhatsApp dan platform lainnya yang memiliki kinerja hampir serupa mulai menggerus kejayaan BBM. Di Indonesia proses tersebut berlangsung secara perlahan, sementara di banyak negara maju ‘migrasi’ besar-besaran meninggalkan BBM sangat cepat terjadi. Pencetus lain yang menyebabkan hal tersebut adalah kehadiran OS Android yang sangat diminati masyarakat. Di sisi lain, BBM ketika itu hanya dapat digunakan secara ekslusif di perangkat Blackberry saja.

Artikel berhubungan:  Apa Itu Ansible?

BBM Sekarang
Kini, BBM hadir lintas platform bagi pengguna Blackberry, Android dan iOS. Dengan percaya diri, Blackberry bahkan mengklaim akan mampu mengalahkan WhatsApp yang memiliki jumlah pemakai 5-6 kali lebih banyak darinya. Rasa percaya diri tersebut boleh jadi tidak berlebihan melihat bagaimana sambutan masyarakat terhadap aplikasi ini sekarang. So, mengapa BBM begitu digandruingi?

Berikut 5 kelebihan BBM yang tidak dimiliki platform dan aplikasi chat sejenis :
1. Recent Update. Tampilan khas fitur ini belum bisa disamai meski juga banyak tersedia di aplikasi lain. Pada recent update, pengguna dapat melihat perubahan status dan Profile picture dari contact yang dimilikinya.
2. Autotext. Penjelasannya sama dengan yang sudah disebutkan diatas. Autotext sangat memudahkan dan meringkas pekerjaan mengetik.
3. PING! Warna merah menyala dan irama getar yang berbeda, ping seperti itu hanya dapat ditemui di BBM.
4. BM (Broadcast Message). Biasanya ditandai dengan text berwarna ungu. Sangat populer di kalangan ‘pedagang’ BBM meski sering membuat jengkel.
5. Notifikasi D, R dan centang yang melegenda.

So, sudah tahu kan alasan mengapa BBM begitu dielu-elukan oleh penggunanya?

Semoga bermanfaat!