Seputar Tekno

5 Faktor Penyebab Hardisk Mudah Rusak

Salah satu komponen penting yang dimiliki komputer atau laptop adalah hardisk. Mengapa dikatakan penting, sebab hardisk berfungsi sebagai penyimpan data baik saat komputer atau laptop dinyalakan maupun dimatikan. Jika hardisk mengalami kerusakan, hampir dipastikan seluruh data di dalamnya akan hilang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan hardisk karena sebagian besar merupakan human error atau faktor kelalaian manusia.

Faktor Penyebab Hardisk Mudah Rusak

Berikut ini adalah kelima faktor yang membuat hardisk mudah rusak :

1. Overheat
Selain dapat menyebabkan komputer atau laptop mati sendiri, kondisi panas yang berlebih atau dikenal juga dengan overheat dapat menyebabkan hardisk rusak. Pada dasarnya, hardisk merupakan komponen yang mudah panas. Semakin lama komputer atau laptop digunakan, semakin cepat panas hardisk-nya. Solusi untuk permasalahan ini adalah memastikan kipas pendingin bekerja dengan baik agar sirkulasi udara yang berjalan lancar sehingga kestabilan temperatur senantiasa terjaga.

2. Benturan
Kerusakan hardisk juga dapat dipicu oleh adanya benturan, seperti gesekan keras dengan benda lain atau gesekan keras karena perangkat terjatuh. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati ketika melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hardisk, seperti memindahkan komputer, membawa hardisk, ataupun melepas hardisk dan memasangnya kembali ke komputer. Jika menggunakan laptop, Anda sebaiknya berhati-hati ketika membawanya di dalam tas. Bisa saja terjadi guncangan yang tak disengaja yang dapat menyebabkan kerusakan hardisk.

3. Instalasi
Apabila terlalu sering melakukan install dan uninstall pada komputer atau laptop, hal tersebut dapat membuat hardisk mudah rusak. Dan biasanya tanpa disadari, terjadi pada Anda yang baru mempelajari komputer atau mempunyai laptop. Rasa ingin tahu yang berlebihan membuat Anda sering melakukan berbagai aktivitas instalasi, baik pada sistem operasi maupun program-program aplikasi. Terlalu seringnya instalasi dapat membuat hardisk mengalami apa yang disebut bad sector, yaitu suatu kondisi dimana hardisk mengalami kerusakan sehingga tak dapat lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data.

Artikel menarik:  7 Headset Gaming Terbaik untuk Gamer Pro 2018

4. Tegangan Listrik
Tegangan listrik yang tidak normal dapat menjadi faktor penyebab hardisk mudah rusak. Bukan hanya ketika listrik mati secara mendadak, melainkan juga stabilitas listrik. Anda bisa menggunakan UPS sebagai alternatif dalam menghindari potensi gangguan listrik. Jika menggunakan laptop, segera lepas kabel power atau adapter dari sumber listrik pada saat baterai sudah penuh. Sebaiknya Anda tidak mematikan laptop secara paksa karena hal ini dapat mengurangi usia hardisk.

5. Usia Hardisk
Faktor kelima ini merupakan penyebab kerusakan yang tak dapat dihindari, namun bisa diperpanjang. Setiap produsen tentunya merancang produk dengan durabilitas masing-masing, tidak terbatas hardisk saja. Oleh karena itu, perawatan adalah hal yang perlu dilakukan untuk memperpanjang usia hardisk. Jika perangkat tidak diperuntukkan untuk aktivitas multimedia tinggi, sebaiknya Anda tidak terlalu sering bermain game karena gaming membuat hardisk bekerja lebih keras. Pada intinya, menggunakan hardisk sesuai dengan spesifikasinya.

Semoga bermanfaat!