5 Cara Merawat Harddisk agar Tetap Awet

Harddisk adalah sebuah perangkat keras yang sangat penting dalam sebuah komputer karena fungsinya sebagai media tempat penyimpanan data. Perawatan harddisk tentunya harus dilakukan setiap berkala jika tidak ingin kinerja harddisk menjadi lambat. Namun, perawatan harddisk ini dapat dibilang tidak mudah seperti yang dibayangkan.

5 Cara Merawat Harddisk agar Tetap Awet

Jika Sobat Gaptex tidak menggunakan harddisk dengan benar, maka resiko kerusakan harddisk pun semakin besar pula. Tanda-tanda awal kerusakan harddisk dapat Anda ketahui dari data-data yang mendadak hilang atau komputer jadi tidak bisa booting. Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara merawat harddisk agar tetap awet, baik untuk harddisk internal ataupun harddisk eksternal.

1. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang PC
Aktivitas install ulang ini pastinya Sobat Gaptex sering lakukan bila komputer sudah mulai ngelag atau terkena virus. Namun perlu diketahui, proses install ulang ini sangat berkaitan dengan faktor ke awetan harddisk. Hal tersebut dikarenakan harddisk akan bekerja lebih keras dari biasanya. Daripada install ulang, sebaiknya Anda gunakan fasilitas System Restore.

2. Install Anti Virus Terupdate
Selalu ingat untuk gunakan anti virus terupdate untuk komputer. Anti virus mampu membuat kinerja harddisk tetap stabil karena dapat menangkal virus yang mungkin memicu berbagai masalah di harddisk.

Artikel berhubungan:  Tentang 'Low Virtual Memory' Pada Windows 7

3. Lakukan Defragment Harddisk secara Berkala
Seiring berjalannya waktu dan penggunaan komputer, data-data yang tersimpan di dalam harddisk juga mengalami fragmentasi sehingga mengakibatkan performa harddisk jadi menurun. Untuk itu, Anda perlu melakukan defragment harddisk secara berkala. Kegiatan ini dapat berguna untuk penataan ulang data atau file yang tersebar menjadi satu kelompok lagi.

4. Uninstall Aplikasi atau Hapus Data yang Tidak Perlu
Daripada membuat harddisk penuh, sebaiknya Anda harus uninstall aplikasi yang jarang dipakai atau bahkan tidak pernah dibuka. Selain itu, rutinlah untuk menghapus data-data yang tidak di anggap penting, supaya dapat mengurangi space harddisk.

5. Hindari dari Guncangan yang Berlebih
Umumnya, Anda selalu membawa laptop kemana-mana untuk berbagai keperluan sehingga sering terjadi guncangan yang berlebihan. Guncangan ini dapat membuat harddisk cepat rusak karena piringan di dalam harddisk berputar menjadi tidak stabil.