5 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Pesan error “USB Device Not Recognized” yang muncul di notifikasi pc atau laptop ketika sebuah perangkat atau peripheral USB dicolokkan kadang cukup bikin pusing dan menyita waktu. Tak ayal, kita kerap menganggap flashdisk atau apapun perangkat USB milik kita rusak, atau malah jangan-jangan port USB nya yang minta diservis. Padahal, cara mengatasi USB device not recognized tidaklah sulit jika kita mengetahui triknya.

Pesan error yang muncul lengkapnya adalah sebagai berikut :
“One of the USB devices attached to this computer has malfunctioned, and windows does not recognize it. For assistance in solving this problem, click this message”

Berikut 5 cara mengatasinya :
Cara 1 – Paling mudah dan pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan restart komputer/laptop. Beberapa perangkat USB kadangkala memang membutuhkan restart terlebih dahulu sebelum dapat digunakan dengan baik.

Cara 2 – Jika cara 1 belum berhasil, Anda dapat menggunakan System Restore. Caranya adalah dengan klik Start > Programs > Accessories > System Tools > System Restore. Pilih periode waktu terdekat gunan meminimalisir error. Perlu diingat bahwa sistem restore akan mengembalikan PC / laptop kepada kondisi lampau. Jangan lakukan cara ini jika Anda merasa tidak yakin dengan status software atau data di PC Anda.

Cara 3 – Uninstall USB Host Controller. Di Device Manager yang dapat Anda akses melalui ‘control panel’, pilih “Universal Serial Bus Controllers” seperti gambar dibawah :

usb-root-hub-properties

Lakukan uninstall pada “host controller” yang ada. Jika sudah, restart kembali komputer Anda. Dengan cara ini, komputer akan melakukan instalasi USB host controller kembali secara otomatis. Harapannya adalah maslaah not recognized dapat diatasi.

Cara 4 – Lepas Baterai pada laptop. Khusus laptop, Anda dapat melepas baterai dan memasangnya kembali. Cara ini terkadang ampuh dan terbukti dapat mengatasi masalah USB device not recognize.

Cara 5 – Cara paling akhir yang dapat Anda tempuh jika seluruh cara diatas tidak dapat menjadi solusi adalah dengan melakukan instal ulang. Biasanya setelah instal ulang komputer tidak akan lagi mengalami masalah pada software.

Sebagai alternative, Anda dapat menyimak video tutorialnya dibawah ini :

Demikianlah 5 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized yang dapat dibagikan. Jika Anda memiliki cara yang lain yang dapat dibagikan, Anda dapat menghubungi redaksi. Semoga bermanfaat.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part