5 Cara Memaksimalkan Kinerja RAM Android

Pastinya Sobat Gaptex merasa jengkel saat ponsel Android lemot ketika membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, sehingga membuat pengoperasian pun akan menjadi lebih sulit. Lantas kenapa bisa lambat seperti itu? Jawabannya bisa jadi bersumber pada RAM atau Random Access Memory. RAM menjadi salah satu komponen penting yang ada pada smartphone dan berfungsi sebagai penopang kinerja prosesor agar ponsel dapat melakukan multitasking dengan lancar.

5 Cara Memaksimalkan Kinerja RAM Android

Besar kecilnya kapasitas RAM tentunya akan berpengaruh pada performa dan kinerja pada smartphone. Semakin besar kapasitas RAM yang tersemat, maka semakin cepat pula kinerja smartphone yang dihasilkan. Begitu pula sebaliknya. Kapasitas RAM yang kecil akan membuat ponsel Anda menjadi lemot atau lambat sehingga Anda kesulitan untuk menjalankan aplikasi atau saat bermain game HD. Hal tersebut yang menjadi alasan utama kenapa ponsel Anda menjadi lag, stuck atau crash.

Kemudian bagaimana cara memaksimalkan kinerja RAM Android tanpa menggunakan software atau tanpa root terlebih dahulu? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Batasi Penggunaan Widget & Live Wallpapers
Tidak dipungkiri, widget dan live wallpapers bisa memberatkan kinerja Android. Widget dan live wallpapers merupakan fitur Android yang banyak memakan RAM, sehingga banyak widget yang akan merefresh otomatis dan memakan bandwidth. Hal inilah yang menyebabkan kenapa baterai ponsel Android cepat habis.

2. Nonaktifkan atau Disable Aplikasi
Beberapa aplikasi juga akan menghabiskan RAM walaupun tidak sedang digunakan. Karena itu, Anda harus mengorganisir aplikasi yang tidak seharusnya otomatis bekerja di belakang layar sehingga tidak memakan RAM. Untuk menonaktifkan aplikasi ini, Anda dapat masuk ke Settings > Apps > cari aplikasi yang ingin di uninstall atau sekedar di nonaktifkan, lalu pilih disable.

Baca Juga :  Karimun WagonR : si Kecil dengan Segudang Kelebihan

3. Install Aplikasi Seperlunya
Memang berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store sangat menarik dan terkadang pengguna asal mengunduhnya walaupun tidak terlalu membutuhkannya. Alangkah baiknya jika Anda hanya menginstall aplikasi yang dirasa perlu saja sehingga tidak memakan banyak kapasitas RAM.

4. Matikan Animasi
Animasi menjadi salah satu pencuri RAM di ponsel Android, sehingga Anda harus mengatur hal ini pada opsi Developer Options pada menu Settings. Untuk mematikannya, Anda bisa ke pengaturan > Developer Options > Drawing > Turn Off.

5. Perbarui Software Sistem Operasi
Cara ini bisa Anda lakukan karena akan mempengaruhi kinerja ponsel Android. Biasanya ada notif untuk Anda mengupdate software sehingga saat muncul pemberitahuan, sebaiknya ikuti petunjuk-petunjuk yang muncul.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part