5 Bahaya Gagdet Bagi Anak-Anak

Sahabat Gaptex, jika pada posting sebelumnya kita sudah mengulas 4 tablet yang cocok bagi anak-anak, maka kali ini kita akan mengulas ‘rambu-rambu’ yang penting Anda perhatikan tatkala anak bermain dengan gadgetnya (baca : tablet maupun smartphone). Meski ‘memainkan’ gadget memiliki sisi positif, jika orangtua tidak bijak mengaturnya maka dampak negatif dan bahaya buruk pun akan menghantui.

5 Bahaya Gagdet Bagi Anak-Anak

Jika bagi orang dewasa gadget hanyalah alat untuk berkomunikasi, bekerja dan mendapatkan hiburan, maka pada anak gadget bisa bersifat sangat adiktif. Anak yang kecanduan gadget bahkan tidak bisa lepas dari gadget sepanjang waktu, mirip seperti gamer maniak.

Berikut 5 bahaya sekaligus tips dan hal-hal yang berhubungan dengan anak & gadget :

1. Kerusakan Mata
Ketika anak bermain dengan gadget sepanjang hari dan setiap hari, maka dampak langsung yang akan terjadi adalah kerusakan mata yang akan dialami oleh anak. Jika tak percaya, Anda coba sendiri seharian memelototi gadget milik Anda, dijamin Anda akan merasakan pusing di kepala dan mata berkunang-kunang. Beberapa sikap yang buruk akan menambah efek buruk bagi penglihatan anak seperti tiduran atau melihat terlampau dekat.
Solusi : Usahakan anak bermain gadget pada posisi duduk. Batasi penggunaan pada jam tertentu saja. Jika lampu rumah/kamar sudah dimatikan, itulah saatnya anak ‘haram’ menyenggol gadget. Cahaya layar yang masuk ke mata ketika ruangan sudah gelap akan dengan cepat merusak penglihatannya.

2. Kehabisan Waktu Berkualitas
Anak yang bermain gadget kerap melupakan banyak aktivitasnya yang lain. Tak jarang, bermain gadget dilakukan juga ketika makan, belajar atau menjelang tidur. Padahal, waktu-waktu itu seharusnya dipakai anak untuk ngobrol atau sekedar bercerita ringan dengan orangtua. Jalinan berkualitas itulah yang akan hilang tatkala anak bermain gadget tanpa tahu batas waktu.
Solusi : Tak ada jalan lain bagi Anda kecuali membatasi waktu bermain anak. Berikanlah hanya beberapa jam saja dalam sehari waktu ia boleh bermain dengan gadgetnya. Jika perlu, hanya berikan izin pada saat weekend saja. Berikan aturan ketat tentang larangan memegang gadget ketika anak sedang makan atau hendak tidur.

Baca Juga :  Apa itu Bone Conduction?

3. Efek Buruk Bagi Kesehatan
Selain kerusakan mata, penggunaan gadget tanpa kendali juga membawa dampak buruk kesehatan lainnya seperti sakit pinggang, sakit kepala dan lainnya. Jika anak tidur bersebelahan dengan gadgetnya, kerusakan otak pun bisa terjadi pada jangka panjang akibat radiasi.
Solusi : Berikan aturan tentang cara menggunakan gagdet yang benar. Jauhi anak dari gadget ketika waktunya tidur.

4. Sikap Sosial
Anak yang terlalu asyik dengan gadgetnya akan segera melupakan betapa pentingnya interaksi sosial yang seharusnya ia lakukan. Anak akan bersikap antisosial, suka menyendiri, cenderung diam dan hanya dapat menemukan keasyikan melalui gadgetnya.
Solusi : Alihkan anak dari gadget dengan mengajaknya keluar rumah. Bermain dengan teman sebayanya di luar rumah secara teratur akan mengimbangi sifat dan sikap sosialnya.

5. Kerugian Material
Jika materi merupakan hal yang penting bagi Anda, maka anak yang terlampau sering bermain dengan gadgetnya tentu saja akan membuat gadget tersebut lebih cepat rusak. Kena air, jatuh, tergencet dan lain sebagainya akan membuat gadget segera rusak dan minta diganti baru.
Solusi : Pilih gadget yang memiliki kualitas baik. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan daftar kami disini.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part