5 Aplikasi Fotografi Android Terpopuler

Jika smartphone yang dimiliki kurang mendukung fitur kamera, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memaksimalkan hasil pengambilan gambar. Begitu juga bagi Anda yang memiliki smartphone berkamera canggih, Anda bisa memanfaatkan beragam aplikasi fotografi yang tersedia di Google Play Store untuk mengedit gambar. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis dan digunakan secara praktis.

Aplikasi Fotografi Android Terpopuler

Berikut ini adalah lima aplikasi fotografi Android terpopuler untuk mengedit foto :

1. Prisma
Aplikasi yang dirilis oleh developer Rusia ini menjadi salah satu aplikasi fotografi terpopuler beberapa pekan terakhir ini. Prinsip kerjanya melibatkan teknologi artificial intelligence. Awalnya, aplikasi ini hadir untuk perangkat iOS, kemudian hadir pula di perangkat Android untuk menjawab antusias para pengguna smartphone. Aplikasi ini mampu mengedit foto supaya tampil artistik dan ilustratif. Atau dengan kata lain, hasil edit foto tampak seperti lukisan melalui 36 jenis filter art yang dihadirkan Prisma.

2. Aviary
Sama seperti Prisma, aplikasi ini juga berfungsi menjadikan foto semakin menarik, meskipun bukan dalam bentuk lukisan. Aplikasi yang dibuat oleh developer Amerika Serikat ini punya 19 fitur utama untuk digunakan mengedit foto. Aplikasi ini mampu menghadirkan filter-filter yang dirancang secara profesional untuk membuat kualitas foto makin mengagumkan. Selain filter, Aviary juga menyediakan stiker, bingkai kreatif, dan fitur-fitur lain untuk mempercantik tampilan foto. Pengguna Android dapat mengatur kecerahan foto, kontras, eksposur, dan saturasi.

3. VSCO Cam
VSCO Cam sudah menunjukkan eksistensinya sebagai aplikasi fotografi sejak akhir tahun 2013. Pada awalnya, aplikasi ini hadir untuk menjawab permasalahan fotografi yang disebabkan oleh keterbatasan filter dan tidak adanya pengaturan visual bagi pengguna Instagram. Seiring waktu, aplikasi ini semakin populer, baik di Indonesia maupun di dunia. Kekuatan VSCO Cam terletak pada kustomisasi beragam yang dapat dimanfaatkan untuk mengubah spektrum warna. Secara sederhana, pengguna bisa mengubah gambar dengan banyak sekali filter foto. Banyaknya preset yang disediakan serta kemudahan penggunaan membuat edit foto tampak seperti kamera profesional.

Artikel berhubungan:  Perbedaan Printer Inkjet & Laser

4. Snapseed
Sama seperti Prisma, aplikasi yang hadir sejak tahun 2011 ini hanya tersedia untuk perangkat iOS. Memasuki awal tahun 2012, Google mengambil alih Nik Software yang membuat Snapseed sehingga secara resmi pun tersedia pula untuk perangkat Android. Tidak kalah dengan aplikasi fotografi lainnya, Snapseed menawarkan berbagai fitur edit foto dengan puluhan efek menarik. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah kecerahan, saturasi, dan ketajaman foto, misalnya mengedit foto gelap menjadi terang.

5. Pixlr
Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Amerika Serikat ini dapat digunakan untuk mengedit foto secara real time dengan internet. Ada prinsip kerjanya yang mirip dengan Prisma, yaitu membutuhkan koneksi internet. Aplikasi ini juga membutuhkan web browser, seperti Chrome, Firefox, dan kawan-kawan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koneksi internet dan web browser adalah dua komponen penting untuk menggunakan Pixlr sebagai aplikasi fotografi. Fitur-fiturnya meniru Photoshop yang menampilkan adjustment tool dan filter-filter yang cukup lengkap.