Seputar Tekno

5 Alasan Beralih ke SSD

Teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu. Bukan hanya di industri smartphone, namun sekarang juga tersedia perkembangan teknologi mengenai storage data komputer/laptop yang sering disebut Harddisk Drive atau HDD. Apabila komputer atau laptop Anda sudah tidak lagi menghadirkan kinerja yang Anda harapkan, sering lambat atau lag, jangan buru-buru untuk membeli komputer baru. Sebaiknya Anda gantikan saja HDD yang lama menjadi SSD (Harddisk Solid State) dan dipastikan kinerja komputer/laptop Anda seperti baru bahkan lebih cepat dari sebelumnya.

5 Alasan Beralih ke SSD

SSD atau Solid State Drive ialah perangkat dengan berbagai macam bentuk yang fungsinya sama persis dengan harddisk yang biasa kita pakai untuk menyimpan data. Tapi ada perbedaan yang sangat mencolok dari keduanya yaitu dari cara kerja SSD yang lebih cepat dari HDD.

Sistem kerja SSD terbentuk atas susunan IC yang berguna untuk menyimpan data layaknya microSD dan Flashdisk yang mampu menyimpan data secara permanen meski suply aliran lirstrik sudah putus. Beberapa alasan menguntungkan jika Anda beralih SSD dari HDD komputer/Laptop Anda antara lain waktu booting dan muat aplikasi yang lebih cepat, perlindungan data yang lebih tangguh dan SSD juga mudah di instal. Namun ada alasan lainnya jika Anda beralih ke SSD antara lain:

1. Ukuran SSD lebih kecil dan ringan
Yang membuat SSD lebih ringan dan kecil ialah SSD hanya butuh dua komponen pokok yakni processor dan Nand Flash, sehingga bentuk serta ukuran SSD di buat lebih minimalis. Bahan materialnya juga terbuat dari plastik walau tanpa kehilangan fungsi pokok atau kerusakan pada perangkat.

Artikel menarik:  Mengulik Software Edit Photo Meitu

2. Performa kecepatan Baca dan Tulis SSD lebih cepat
Kecepatan SSD jauh 10x lipat lebih tinggi bila dibandingkan dengan Harddisk. Hal itu terlihat dari proses booting komputer, laptop yang menggunakan SSD mampu melakukan start up dalam waktu hitungan detik.

3. Pencarian dan Transfer File lebih cepat
Pencarian file bila menggunakan SSD lebih cepat meskipun tanpa indexing, sedangkan copy file dengan SSD cuma membutuhkan waktu 50 % dari hard disk.

4. Baterai lebih awet
Daya baterai yang dibutuhkan SSD hanya 10% dari harddisk oleh karena itu juga penggunaan SSD lebih hemat listrik pada komputer atau laptop Anda.

5. Efek Suhu yang ditimbulkan SSD lebih dingin
Panas dan suhu SSD sangat rendah karena konsumsi daya hanya 0,5 Watt bisa kurang, juga karena tidak ada mekanik yang selama komputer/laptop menyala.