Seputar Tekno

4 Penyebab Mozilla Sering Crash dan Not Responding

Internet menjadi salah satu terobosan dunia teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia saat ini. Dimulai dari media sosial, bekerja online, akses informasi gratis, dan sebagainya sehingga membuat kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Kehadiran internet juga mendorong perusahaan untuk membuat aplikasi browsing, salah satunya adalah Mozilla Firefox. Oleh karena itulah, kali ini kami akan memberitahukan 4 penyebab Mozilla sering crash dan not responding yang pastinya sering dialami oleh Sobat Gaptex.

Sejak Mozilla Firefox meluncurkan versi 4 dan versi di atasnya, browser ini terus meroket dan menjadi pilihan para netizen karena menggunakan resources dan memori RAM yang sedikit dibandingkan dengan browser saingannya seperti Google Chrome. Jika Anda ingin mengunduh versi Mozilla paling update, maka Anda perlu membaca artikel cara download Mozilla Firefox terbaru yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan apa saja alasan dan penyebab Mozilla sering crash. Namun sebelum mengetahui apa saja faktor penyebab tersebut, alangkah baiknya Anda mengenal lebih dulu pengertian crash atau sering dikenal dengan program not responding untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

Pengertian Crash dan Not Responding
Crash merupakan sebuah istilah pada sistem komputer, yang mana sebuah aplikasi program berhenti bekerja secara mendadak dan tidak dapat dioperasikan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini memicu instruksi dan perintah yang dilakukan melalui mouse komputer dan keyboard tidak mampu menghasilkan respon apapun saat Anda mencoba melakukannya.

Crash program ini umumnya disebabkan oleh sebuah kesalahan fungsi dari sebuah aplikasi program ataupun aplikasi komputer. Program ini awalnya hanya muncul lag atau bug kecil sampai muncul layanan crash yang menampilkan detail dari crash tersebut. Apalagi jika aplikasi program yang crash termasuk bagian penting dari kernel sistem operasi, maka seluruh sistem komputer bisa mengalami crash.

Hal ini berbeda dari kondisi hang, dimana aplikasi atau sistem operasi akan terus berjalan namun memang tidak ada respon yang jelas dari input. Beberapa penyebabnya adalah karena hilangnya sumber daya, proses komputer yang mengalami konflik dengan sistem operasi, kode pemrograman aplikasi komputer yang kurang baik, atau proses lainnya.

Banyak kejadian crash ialah hasil dari eksekusi instruksi mesin tunggal, namun akan menyebabkan berlipat ganda. Penyebab paling umum ialah saat program counter di atur ke alamat yang salah atau bisa juga buffer overflow yang menimpa sebagian kode program sebab bug sebelumnya. Kedua kasus ini cukup umum untuk prosesor mencoba mengeksekusi data atau nilai memori acak.

Karena semua nilai data ialah mungkin, namun hanya beberapa nilai instruksi valid yang sering mengakibatkan pengecualian instruksi ilegal. Secara kebetulan, data itu bisa berlaku sehingga orang mungkin mengatakan bahwa bug asli program mampu menyebabkan crash.

Penyebab Mozilla Crash atau Not Responding
Meskipun Mozilla Firefox banyak digunakan oleh orang, bukan berarti tidak memiliki masalah sama sekali saat menjalankan aplikasi ini. Ada banyak sekali jenis error yang bisa terjadi jika Anda menggunakan aplikasi ini untuk aktivitas sehari-hari. Namun error yang paling sering terjadi ialah random crash saat membuka banyak tab, not responding saat banyak tab dibuka, atau parahnya lagi saat satu tab dibuka dan lainnya.

Pada komputer atau laptop, terjadinya crash kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan di hardware. Hal ini dikarenakan saat aplikasi atau sistem operasi mencoba untuk menulis ke alamat pada hardware yang berada diluar memori utama sistem. Seringkali eksekusi yang sewenang-wenang pada data sistem akan menimbulkan pecahnya tampilan layar. Hal ini bisa dianggap sebagai sistem crash parah.

Sebelum mendalami lebih dalam penyebab Mozilla sering crash dan responding, Anda bisa membaca di bawah ini apa saja faktor-faktor umum yang sering terjadi:

  • Terlalu banyak program atau aplikasi yang berjalan secara bersamaan padahal memori RAM sangat terbatas
  • Terlalu banyak mengunduh Add-ons dan plugins browser
  • Terlalu banyak membuka Tab. Jika memori RAM gadget Anda di bawah 1 GB, maka maksimal Tab yang diperbolehkan adalah 10 tab saja.
  • Ada beberapa Add-ons atau plugins pada browser yang tidak kompatibel
  • Sesuaikan versi browser yang digunakan dengan spesifikasi minimum yang diberikan
  • Jangan memakai browser dengan versi paling baru, tapi prosesor atau RAM masih terbilang kecil.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab dari Mozilla crash, Anda bisa membaca penyebab lainnya yang lebih detail di bawah ini:

1. RAM terlalu kecil
RAM berasal dari singkatan Random Access Memory yang berarti suatu memori tempat penyimpanan data semenara saat komputer dijalankan dan bisa diakses secara acak. Fungsi RAM ialah mempercepat pemrosesan data pada PC atau komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, maka semakin cepat juga komputer tersebut bekerja.

Lantas kenapa RAM dapat mempercepat kinerja dari komputer? Karena RAM akan menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer dan mampu menyimpan data-data yang mudah sehingga bisa mempercepat loading data, serta program yang diakses. Bentuk RAM pada komputer ialah seperti rangkaian elektronik semacam chip. Karena fungsinya untuk mempercepat kinerja komputer, RAM jadi penyebab utama Mozilla crash jika gadget yang Anda gunakan memiliki kapasitas RAM yang sangat kecil.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, semakin banyak tab dibuka, maka semakin banyak pula konten di suatu halaman web tertentu sehingga jumlah RAM yang dibutuhkan untuk memproses data pun akan semakin besar.

Artikel menarik:  5 Kamera Aksi Termurah dengan Fitur Mumpuni

Maka dari itu, jika jumlah RAM tak mencukupi dari jumlah minimum untuk menjalankan aplikasi Mozilla, browser ini akan mengalami error not responding begitu potensial untuk terjadi sehingga menyebabkan Mozilla perlu direstart ulang atau bahkan dikeluarkan dari aplikasi. Selain itu, Anda juga tidak harus membuka tab dengan jumlah sebanyak sebelumnya atau dengan mengurangi jumlah konten yang di load pada suatu web tertentu.

Jika perangkat Anda mengalami hal ini, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengembalikan Mozilla seperti sebelumnya. Salah satunya adalah Anda bisa memperbesar jumlah RAM komputer ataupun menambahkan Virtual Memory di settingan Windows. Namun, sangat disarankan untuk menambah jumlah RAM karena pasti efeknya akan lebih terasa sehingga bisa mempercepat performa browsing karena kapasitasnya sudah diperbesar.

Selain itu, RAM yang telah diperbesar bisa menambah kemampuan komputer atau laptop secara keseluruhan. Oleh karena itulah, penambahan kapasitas RAM menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah lainnya, sekaligus untuk mengatasi masalah browser Mozilla Firefox yang not responding.

2. Halaman Web Memiliki Ukuran yang Lebih Besar
Web page merupakan suatu istilah dalam penguraian konten aktual yang lagi ditransfer melalui web server menuju ke web browser. Hal tersebut biasanya bisa Anda lihat pada web browser pada suatu waktu. Apalagi untuk Anda yang sering menggunakan internet akan sering sekali menjumpai web page. Anda pastinya tidak asing dengan tulisan HTML bukan? Ya, web page ini biasanya berupa script yang di awali dengan HTML, lalu diikuti dengan link hypertext yang akan menghasilkan serangkaian halaman.

Saat Anda menggunakan internet, tentunya Anda akan membutuhkan web page. Web page ini mempunyai berbagai isi yang dapat memberikan Anda informasi. Halaman yang biasa digunakan oleh pengguna dapat dibuka bersamaan dengan web page yang lainnya dalam satu kali menjelajahi internet.

Secara singkatnya, fungsi dari web page ialah memudahkan pengguna internet untuk mencari berbagai informasi dengan mudah. Tanpa adanya web page, maka Anda tidak akan bisa membuka link yang sesuai. Anda dapat membuka beberapa halaman sekaligus dalam satu waktu tanpa ada masalah dan juga Anda bebas memilih untuk membuka halaman mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Penyebab Mozilla Firefox  crash dan not responding selanjutnya bisa dikarenakan oleh halaman web yang Anda buka mempunyai ukuran web yang cukup besar sehingga cukup banyak memakan resources untuk membukanya. Misalnya, web yang berisikan list gambar, video, gif, dan sebagainya.

Seringkali penyebab kedua ini sangat erat kaitannya dengan penyebab pertama yang berisikan kapasitas RAM terlalu kecil. Namun, masalah web page yang ukurannya terlalu besar masih bisa terjadi jika RAM yang Anda miliki sudah begitu besar sekalipun. Kemungkinan hal ini dikarenakan CPU tidak langsung merespon permintaan dari halaman yang terlalu besar untuk menangani loading page web yang lain atau menangani masalah instruksi dari program lainnya.

Untuk mengatasi penyebab yang kedua ini, Anda bisa menonaktifkan beberapa konten halaman pada browser seperti misalnya gambar, video, dan sebagainya untuk mengurangi beban loading page yang dimiliki oleh Mozilla Firefox saat berusaha untuk membuka website yang sedang Anda kunjungi. Dengan begitu, Mozilla tidak akan membuka seluruh media atau isi yang perlu dibuka dari website tersebut.

3. Script yang Tidak Responsif
Jika pada poin sebelumnya yang menjadi faktor utama kenapa Mozilla Firefox mengalami crash dan not responding adalah RAM dan ukuran web page, maka kali ini yang menjadi penyebab adalah script yang tidak responsif. Pada segi script website tersebut sering kali mempunyai kode buruk sehingga menyebabkan website browser sering mengalami crash.

Penyebabnya sangat berasal dari mana saja, bisa jadi dikarenakan CPU tidak mampu memahami instruksi dengan cepat atau kapasitas RAM tidaklah cukup, maka koding script yang kurang baik juga bisa membuat Mozilla Firefox mengalami not responding saat membuka website tertentu.

Hal ini dikarenakan CPU yang lama memproses instruksi yang berasal dari script dari website yang sedang Anda buka, baik itu script Java Script ataupun Script lainnya. Maka dari itu, jika Anda sering mengalami Mozilla error not responding karena permasalahan script yang tak responsif, maka sangat disarankan untuk menonaktifkan fitur Java Script atau bisa juga dengan tidak mengunjungi website tersebut hingga script-nya dibenahi oleh webmaster.

4. Add-ons atau Plugin Crash
Penyebab selanjutnya dari Mozilla Firefox yang sering not responding ialah adanya plugin atau add-ons yang tidak responsif sehingga mudah mengalami crash saat Anda menggunakannya. Plugin atau Add-ons yang mengalami crash bisa terjadi karena plugin yang Anda install tidak cocok atau kompatibel dengan versi Mozilla Firefox yang Anda miliki.

Selain itu, bisa juga dikarenakan adanya bug dalam plugin tersebut yang membuat Mozilla Firefox mengalami not responding saat berhadapan dengan konten atau media website tertentu.

Untuk mengatasi permasalahan Mozilla not responding akibat masalah plugin, Anda bisa menguninstall plugin tersebut sehingga Mozilla tidak perlu memakai plugin itu. Namun jika Anda masih membutuhkannya, maka Anda bisa mendisable-nya untuk beberapa situs-situs tertentu.