4 Macam Baterai Blackberry : Wajib Tahu

Tak seperti iPhone yang memiliki sistem baterai yang terintegrasi, hampir seluruh blackberry (kecuali Q5) memiliki baterai dengan sistem ‘copot-pasang’. Artinya, pengguna dapat dengan mudah mengganti baterai jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi padanya, hamil atau drop misalnya.

Jumlah populasi pengguna blackberry yang luar biasa banyak di Indonesia, membuat banyak pabrikan pihak ketiga, abal-abal maupun yang berkualitas, beramai-ramai membuat berbagai macam aksesoris dan spere-part untuk berbagai tipe blackberry tak terkecuali baterai.

macam baterai blackberry 1

Dari sejumlah merek dan barang yang beredar di pasar, kita dapat mengklasifikasikan baterai blackberry menjadi 4 golongan. Berikut 3 macam baterai blackberry yang rasanya perlu diketahui olhe pengguna bb :

1.  Baterai Blackberry Original – Biasanya disertakan dalam paket penjualan BNIB (brand new in box) untuk produk resmi dari distributor yang legal. Karena original, baterai jenis ini paling nyaman dan aman untuk digunakan. Kapasitasnya biasanya juga pas karena sudah diperhitungkan dengan matang sebelum disematkan. Baterai original awet ketika digunakan dengan baik.

Baterai jenis ini juga bisa didapatkan secara terpisah di counter Blackberry atau langsung melalui distributor resmi. Harganya relatif mahal tetapi memiliki garansi dan terjamin mutu serta kualitasnya.

2. Baterai Blackberry KW – Bentuk dan penampakannya mirip dengan yang original, tetapi dengan kualitas yang tidak sama. Terminologi KW (kualitas wahid) yang dimaksud bisa juga berarti aspal (asli palsu). Biasanya baterai bb kw memiliki kemasan yang buruk dan ringan jika dipegang. Sesuai dengan kualitasnya, baterai kw dijual dengan harga yang amat murah.

Meski demikian, banyak juga oknum penjual baterai yang kerap mengklaim baterai kw yang dijualnya adalah produk original karena kemiripan rupa. Hal tersebut harus diwaspadai oleh pembeli, sebab dengan harga yang relatif mahal, pembeli dapat tertipu membeli barang yang palsu. Baterai Blackberry KW tidak direkomendasikan untuk digunakan karena tidak awet, cepat drop dan kerap kembung.

Artikel berhubungan:  Kelebihan Samsung Galaxy S5 Dibandingkan Galaxy S4

3. Baterai Bermerek – Tidak sama dengan baterai kw, pada baterai bb bermerek Anda dapat melihat penampakan yang berbeda dari yang original. Baterai jenis ini biasanya dibuat oleh pabrikan yang memang memproduksi baterai untuk beberapa tipe blackberry menggunakan mereknya sendiri. Jenis baterai bermerek ini bisa jadi memiliki kualitas yang bagus tergantung dari harga dan perusahaan yang memproduksinya.

Baterai bermerek adalah solusi bagi pemilik blackberry yang membutuhkan baterai tetapi memiliki budget terbatas. Beberapa merek baterai blackberry yang bisa menjadi alternatif adalah Royal, Wellcom, Leon, dsb

4. Baterai High Capacity – biasanya juga disebut dengan ‘double power’. Mirip dengan blackberry bermerek (nomor 3 diatas). Bedanya terletak pada kapasitas baterai yang lebih besar. Baterai high capacity sangat cocok bagi pengguna yang membutuhkan daya tahan baterai yang lebih panjang. Kualitas dari baterai jenis ini sangat bergantung dengan mereknya. Secara umum, baterai high capacity memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan baterai bermerek biasa dan sedikit lebih murah dibandingkan dengan baterai original.

Belakangan, baterai high capacity sangat digemari oleh pengguna bb tanah air, bahkan juga bagi pengguna baterai original yang tidak puas dengan daya tahan baterainya. Tips untuk mendapatkan baterai high capacity yang bagus adalah dengan mencari capacity yang memberikan garansi yang panjang (biasannya 1 tahun) dan memilih merek-merek seperti : HE (high-end). Hippo Power, Alvaro, dsb.

Semoga bermafaat & please like us jika merasa artikel ini berguna!