Seputar Tekno

3 Faktor Penyebab RAM Mudah Rusak

Salah satu perangkat keras yang berperan penting bagi komputer adalah RAM, sebab RAM berfungsi sebagai memori penyimpanan data yang berpengaruh terhadap kecepatan sebuah komputer. Prinsip kerjanya adalah mengakses data aplikasi, lalu menyimpan data tersebut secara sementara supaya aplikasi dapat dijalankan. Kapasitas RAM menentukan kelancaran aplikasi komputer. Kerusakan RAM menyebabkan komputer menjadi lambat dan bisa juga mengalami kegagalan saat proses booting.

Faktor Penyebab RAM Mudah Rusak

Berikut ini adalah ketiga faktor yang membuat RAM mudah rusak :

1. Tegangan Listrik Tidak Stabil
Seperti halnya kerusakan hardisk ataupun processor, kerusakan RAM bisa disebabkan juga oleh tidak stabilnya tegangan listrik. Hal ini membuat komputer mengalami mati mendadak. Jika sekali dua kali, meskipun kurang baik namun masih bisa ditoleransi. Akan tetapi, bagaimana jika mati listrik terjadi berkali-kali?

Solusi untuk masalah ini antara lain memasangkan komputer dengan perangkat suplai listrik cadangan, seperti UPS. Apabila menggunakan laptop, Anda disarankan untuk tetap memasang baterai sehingga tegangan listrik tetap stabil. Pada intinya, mati listrik secara tiba-tiba dapat berakibat pada kerusakan RAM.

2. Slot RAM Mengalami Gangguan
Faktor selanjutnya adalah gangguan pada slot RAM yang terdapat di motherboard. Gangguan di sini terjadi pada slot kuningan yang membuat RAM tidak dapat bekerja dengan baik. Gangguan lain bisa berupa slot RAM yang kotor oleh debu atau lembab karena air. Hal ini mungkin terjadi jika Anda menaruh komputer atau laptop pada tempat yang berdebu atau lembab.

Artikel menarik:  5 Kamera Aksi Termurah dengan Fitur Mumpuni

Solusi untuk mencegah gangguan RAM adalah tentu dengan meletakkan komputer atau laptop pada tempat yang bersih dan kering. Jika terpaksa menggunakan kedua perangkat tersebut di tempat yang berdebu dan lembab, sebaiknya ditambahkan pelindung. Anda pun disarankan untuk tidak menggunakan laptop di atas kasur atau tempat tidur.

3. Pemakaian Komputer yang Berlebihan
Pemakaian berlebihan juga membuat RAM mudah rusak. Sebagai contoh, RAM dengan kapasitas 1 GB dipaksa untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan RAM berkapasitas tinggi. RAM bisa mengalami malfungsi dan kemudian rusak. Tidak ada cara selain menjaga komputer atau laptop supaya tidak ter-install oleh aplikasi yang memerlukan RAM besar. Atau cara lainnya, Anda bisa melakukan upgrade kapasitas RAM sehingga RAM bisa menghasilkan performa lebih baik.

Seperti dibahas di awal, kerusakan RAM dapat diketahui dari kinerja komputer atau laptop yang melambat. Sistem operasi tidak berjalan dengan lancar. Di samping itu, perangkat sering mengalami restart sendiri dan menampilkan blue screen bahkan terkadang tidak dapat menampilkan apa-apa (hitam). Kerusakan RAM juga bisa diketahui dari aplikasi yang sering tidak bisa dijalankan dan aplikasi yang sering mengalami error saat hendak di-install.

Semoga bermanfaat.