3 Alasan Mengapa Anda Harus Beralih ke OpenOffice

Kebutuhan akan program word & document processor handal untuk membuat, merubah atau memproduksi berbagai jenis dokumen adalah hal yang sangat vital pada sebuah perangkat komputer. Salah satu program pengolah dokumen yang paling sering digunakan adalah Microsoft Office dari Microsoft, mungkin Anda juga menggunakannya saat ini, bukan?

open-office logo

Masalahnya, apakah software tersebut Anda beli secara legal atau merupakan versi bajakan? Sebab, tak seperti OS (Operating System) Microsoft Windows Original yang banyak disertakan dalam paket pembelian laptop dan PC, MS. Office biasanya hanya diberikan dalam bentuk trial yang hanya dapat digunakan selama 30 hari saja. Setelah itu, Anda diharuskan membeli lisensi asli. Harganya tak murah, rata-rata diatas $100 untuk seluruh versi yang dijual. Bahkan mencapai $399 untuk Ms Office Professional 2013 (single PC). Sementara Ms Office365 yang berbasis Cloud dipatok dengan harga $99.99 per tahun.

Padahal, ada satu program handal bernama OpenOffice yang memiliki fungsi serupa yang dapat digunakan secara gratis dan legal. Hampir seluruh fitur dan fungsi pengolahan dokumen tersedia pada OpenOffice. Kompabilitasnya pun sudah cukup mumpuni dengan berbagai file office dari program lain yang tersedia. Dengan fakta ini, pilihan untuk beralih ke OpenOffice dibandingkan membeli MS Office yang mahal atau menggunakan versi bajakan adalah sebuah alternatif yang sangat menarik untuk dilakukan.

Berikut 3 Alasan mengapa Anda harus beralih ke OpenOffice :

1. Gratis – Apache OpenOffice merupakan applikasi openSource yang bersifat free lisence. Dapat digunakan untuk semua keperluan, individu maupun komersial.
Program yang tersedia dalam bundling software dengan persamaannya dengan Microsoft Office adalah sbb :
– Microsoft Word = OpenOffice Writer
– Microsoft Excel = OpenOffice Calc
– Microsoft Powerpoint = OpenOffice Impress
– Microsoft Acess = OpenOffice Base
– Microsoft Visio = OpenOffice Draw
– Microsoft MathType = OpenOffice Math

Artikel berhubungan:  Review Access Trade : Selamat Datang CPA Indonesia!

2. Handal & Mudah digunakan – OpenOffice telah dikembangkan selama kurang lebih 20 tahun dan saat ini digunakan oleh instansi pemerintahan, korporat, dunia pendidikan, bisnis dan lain sebagainya. Sesuai dengan sifatnya, seluruh applikasi berbasis open source dikerjakan secara bersama-sama sehingga bug dan berbagai kendala software biasanya dapat diselesaikan sekaligus diperbaharui dengan lebih sempurna. OpenOffice juga mudah digunakan, tidak jauh berbeda dengan applikasi sama yang lain. Gunakan 1 minggu, maka dijamin Anda akan langsung terbiasa dengannya.

3. Bebas Masalah Pembajakan – Khusus bagi pengguna Mircrosot Office bajakan, terutama pada wilayah komersial, menggunakan OpenOffice berarti meminimalisir risiko buruk dari pelanggaran hukum (pembajakan) di kemudian hari. Anda tidak lagi perlu memusingkan berbagai ‘garukan’ yang bisa saja terjadi atas pelanggaran hak cipta seperti yang pernah terjadi beberapa tahun lalu.

Saat ini, Apache OpenOffice telah berada pada versi paling baru yaitu 4.0.1 dengan ukuran file sekitar 137 MB. Anda dapat mengunduh program tersebut dari website resminya melalui link ini.

So, tak ada alasan lagi untuk tidak beralih, bukan?