10 Shortcut YouTube yang Perlu Anda Ketahui

Sudah berapa lama Anda mengakses situs YouTube? Jika termasuk pengguna aktif situs web berbagi video yang dibuat pada Februari 2005 tersebut, Anda perlu mengetahui shortcut di bawah ini untuk menjadikan aktivitas semakin menyenangkan. Setidaknya, shortcut berikut ini dapat membuat kegiatan multimedia Anda bersama YouTube semakin efisien.

Shortcut YouTube yang Perlu Anda Ketahui

1. Tombol Tab
Ketika mengetik dokumen di aplikasi Microsoft Word, tombol Tab pada keyboard berfungsi untuk memindahkan teks sesuai tanda yang terdapat pada horizontal ruler. Pada dasarnya, tombol Tab berfungsi sebagai tombol pindah. Dalam situs YouTube, Anda bisa menggunakan tombol Tab sebagai kendali penuh atas web tersebut.

Saat video diputar, Anda dapat menekan tombol Tab untuk mempercepat atau memperlambat video, mengatur play/pause, berpindah ke video selanjutnya, mengatur volume suara, dan lain-lain. Tanpa harus menggunakan mouse, Anda bisa mengontrol penggunaan YouTube dari keyboard komputer atau laptop.

2. Space atau Huruf K
Kedua tombol ini memiliki fungsi sama. Saat sedang menonton video, Anda mungkin mendapat panggilan masuk atau harus mengerjakan aktivitas lain sementara waktu. Anda bisa melakukan pause video dengan menggunakan tombol space atau huruf K.

Jika dibandingkan dengan tombol Tab, cara ini lebih ringkas. Dengan tombol Tab, Anda juga bisa melakukan pause video dengan mengarahkan kursor ke menu play/pause, namun disertai dengan menekan tombol Enter. Dengan tombol space atau huruf K, Anda bisa melakukannya dengan sekali tekan saja.

3. Huruf J dan Huruf L
Tidak jauh dari tombol huruf K pada keyboard, di sebelah kiri terdapat huruf J dan di sebelah kanan terdapat huruf L. Ketiga huruf ini, yaitu huruf J, huruf K, dan huruf L, merupakan shortcut untuk situs YouTube. Kedua huruf di sebelah huruf K tersebut berfungsi untuk memperlambat dan mempercepat video.

Jika ingin memperlambat 10 detik, Anda bisa menggunakan huruf J. Sedangkan jika ingin mempercepat 10 detik, Anda bisa menggunakan huruf L.

4. Panah Kiri dan Kanan
Shortcut berikutnya dapat dilakukan dengan tombol panah, yaitu panah kiri dan kanan. Fungsinya sama seperti huruf J dan huruf L, yaitu untuk memperlambat dan mempercepat video. Perbedaannya adalah waktunya bukan 10 detik, melainkan 5 detik lebih cepat dan lebih lambat.

Jika ingin memperlambat 5 detik, Anda bisa menggunakan panah kiri. Sedangkan jika ingin mempercepat 5 detik, Anda bisa menggunakan panah kanan.

5. Angka 1 – 10
Tombol angka berfungsi sebagai shortcut untuk berpindah ke bagian-bagian tertentu dari video yang diputar. Misalnya, angka 1 untuk berpindah ke bagian 10% dari video, angka 5 untuk berpindah ke setengah bagian video, dan angka 9 untuk berpindah ke bagian 90% dari video.

Baca Juga :  Pengertian Bandwidth atau Lebar Pita

Sebagai contoh, sebuah video dengan durasi 50 menit. Tombol angka 1 akan membawa Anda ke menit ke-5, angka 5 akan membawa Anda ke menit ke-25, dan angka 9 akan membawa Anda ke menit ke-45. Mudah sekali, bukan?

6. Angka 0
Setelah mengetahui fungsi tombol angka 1 hingga 9 pada shortcut YouTube, Anda mungkin bertanya-tanya. Lantas, bagaimana dengan angka 0? Baiklah, tombol angka 0 berfungsi untuk restart video alias mengulang kembali video dari awal. Fungsi restart ini juga bisa dilakukan dengan menekan tombol Home pada keyboard.

7. Koma (,) dan Titik (.)
Kedua tombol ini dapat digunakan saat pause video. Fungsinya adalah memperlambat dan mempercepat secara slow motion atau dalam waktu sepersekian detik. Mungkin saja Anda ingin menonton bagian tertentu dari video secara lebih mendetil. Anda bisa menekan tombol koma untuk memperlambat dan tombol titik untuk mempercepat.

8. Panah Kanan dan Kiri, serta huruf M
Ketiga tombol ini memiliki fungsi yang berkaitan dengan pengaturan volume suara. Pada shortcut sebelumnya, Anda sudah mengetahui fungsi tombol panah kiri dan kanan untuk memperlambat dan mempercepat durasi video. Maka selanjutnya, tombol panah atas dan bawah berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil suara video.

Rentang volume suara dapat diperbesar dan diperkecil dalam 5 tingkat. Jika ingin memperbesar suara 5 tingkat, Anda bisa menggunakan panah atas. Sedangkan jika ingin memperkecil suara 5 tingkat, Anda bisa menggunakan panah bawah. Huruf M sendiri berfungsi sebagai mute sound untuk menonaktifkan suara sementara waktu.

9. Huruf F
Anda ingin menonton video secara full screen atau layar penuh? Anda bisa melakukan hal tersebut dengan shortcut huruf F. Rasanya tombol ini merupakan fungsi umum, sebab huruf F sendiri identik dengan Full Screen. Jika setelah tampil dalam mode layar penuh, Anda ingin kembali ke mode normal, tekan saja huruf F tersebut atau juga bisa menggunakan tombol Esc.

10. Huruf C
Pada video-video yang berbahasa asing, Anda membutuhkan bantuan caption atau subtitle untuk memahami video tersebut. Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi caption dengan shortcut huruf C.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part