iPhoneSeputar Tekno

10 Perubahan Penting Pada iOS 9

Apple telah meluncurkan iOS 9 pada bulan September lalu dan merilis update-nya, yakni iOS 9.2, tanggal 8 Desember kemarin. Ada banyak perubahan dan fitur tambahan dalam iOS 9 sehingga jelas ia jauh lebih baik dari versi-versi iOS sebelumnya. iPhone dan iPad menjadi sangat mudah digunakan; Siri semakin pintar, Apple Maps sudah diperbaiki, serta menu drop-down notifikasi kini tersusun secara logis. Apa saja perubahan yang terjadi pada iOS 9?

10 Perubahan Penting Pada iOS 9

1. Fitur Pencarian Lebih Canggih
Apple memperbarui fitur Spotlight di iOS 9, yakni sebuah tool untuk mencari informasi via gadget dengan cepat. Pengguna kini bisa mengakses fitur tersebut dari dua lokasi berbeda: di sebelah kiri dari main home screen, dan dengan melakukan swipe ke bawah pada home screen manapun. Hasil pencarian juga memberikan beberapa info tambahan seperti aplikasi yang disarankan, saran menu makan malam, artikel berita, dan lain-lain sesuai pola penggunaan pengguna.

2. Siri Makin Cerdas
Pada iOS9, Siri dapat melakukan beberapa trik baru. Pengguna kini dapat meminta Siri untuk:
– Menampilkan foto dari tanggal atau lokasi tertentu.
– Mengingatkan hal-hal tertentu ketika pengguna masuk ke mobil (dengan syarat perangkat pengguna berintegrasi dengan mobil via koneksi Bluetooth).
– Mengingatkan pengguna untuk melanjutkan aktivitas penggunaan aplikasi di lain waktu.

3. Aplikasi News
Apple telah membuat aplikasi beritanya sendiri. Pengguna bisa memilih publisher dan blog yang tersedia dalam aplikasi News, termasuk The New York Times, atau menambahkan website tertentu via Safari. Pengguna juga dapat membagikan artikel yang ia baca kepada teman.

4. Aplikasi Notes Makin Komplit
Aplikasi Notes tidak lagi hanya sekadar lembaran kosong untuk menulis. Pengguna kini dapat memasukkan link web, foto, teks berformat, serta bahkan menggambar sketsa. Hadir juga fitur untuk membuat folder, fitur yang telah lam dinanti-nantikan pengguna iOS.

5. Arah Transit di Apple Maps
Sejak debutnya tahun 2012, aplikasi Maps tidak dilengkapi dengan arah transit sehingga menurunkan kegunaan aplikasi ini secara drastis bagi para pengguna transportasi publik. Jika dulu pengguna harus memakai aplikasi third-party seperti CityMapper untuk melihat lokasi transit, kini aplikasi Maps sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Bahkan, Anda dapat bertanya pada Siri soal lokasi transit, serta membuat peta rencana perjalanan di Mac untuk kemudian diikuti via iPhone atau Apple Watch. Untuk saat ini, informasi lokasi transit transportasi publik baru tersedia untuk kota-kota Amerika Serikat, London, Berlin, dan beberapa kota di Cina.

Artikel menarik:  Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

6. Aplikasi Wallet
Anda tidak akan menemukan ikon Passbook lagi di iPhone, sebab aplikasi tersebut mendapat nama baru yakni Wallet. Wallet memberi lebih banyak dukungan reward, store, dan kartu kredit.

7. Low-Power Mode
iOS kini dilengkapi dengan mode hemat energi alias low-power mode. Ketika mode ini diaktifkan, fitur-fitur non-esensial semisal auto-update dan push mail akan dimatikan. Sehingga, perangkat iOS Anda dapat menghemat daya baterai hingga 20%. Tidak ada lagi masalah kehabisan baterai.

8. iPad Slide Over dan Split View
Buat pemakai iPad, sekarang Anda bisa menggunakan dua aplikasi secara sekaligus bersamaan. Fitur Split View akan membantu Anda mengatur seberapa luas masing-masing aplikasi mendapat porsi layar, sementara fitur Slide Over memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dari sisi layar iPad, melakukan pekerjaan, kemudian mengirimnya kembali ke balik layar.

9. iPad Picture-in-Picture
Masalah terbesar saat menonton video atau memakai FaceTime di iPad adalah, aplikasi itu selalu memakan dan mengunci seluruh layar khusus untuk dirinya sendiri. Masalah tersebut terselesaikan di iOS 9 dengan mode picture-in-picture. Kini, Anda dapat menonton video dalam frame kecil sambil beralih antar aplikasi.

10. Keyboard iPad Jadi Lebih Pintar
Keyboard baru iPad dilengkapi dengan shortcut untuk menandai dan memanipulasi teks. Ketika pengguna melakukan double-tap dengan dua jari, kata di sebelah kanan kursor akan terseleksi. Pengguna dapat menyeret kedua jari untuk menandai teks lain. Shortcut untuk tool populer seperti Undo dan Bold juga telah tersedia di atas keyboard.

Semoga bermanfaat!